Sunday, December 30, 2018

Penanganan dan Pencegahan Batu Ginjal

Mengetahui Cara Penanganan dan Pencegahan Batu Ginjal  yang Tepat

Secara umum terbentuknya batu ginjal akan mulai dirasakan saat ginjal bergerak atau menyumbat saluran dalam ginjal atau ketika batu tersebut mengalir terbawa urine dari ginjal ke saluran kemih.

Tanda atau gejala yang akan dirasakan ialah berupa nyeri pinggang atau punggung bawah, nyeri ketika buang air kecil, nyeri disekitar pangkal paha, urine yang berwarna merah, cokelat, atau merah muda, serta mual dan muntah.

Beragam Cara Mengobati Batu Ginjal




Batu ginjal dapat diobati dengan sejumlah cara yang akan bergantung pada ukuran dan juga penyebabnya. Dalam mengatasi batu ginjal yang berukuran kecil, Anda bisa mengkonsumsi air putih sebanyak 2-3 liter atau 8-10 gelas per hari. Adapun cara ni dapat membantu membilas endapan batu ginjal berukuran kecil dari ginjal dan saluran kemih Anda.

Selain minum air putih, batu ginjal juga dapat ditangani dengan cara dibawah ini.

Mengkonsumsi obat pereda rasa sakit

Saat batu ginjal bergerak dari ginjal menuju saluran kemih, Anda kemungkinan akan merasa sakit disaluran kemih. Pada kondisi ini, Anda bisa mengkonsumsi paracetamol atau pereda nyeri lainnya sesuai anjuran dokter, untuk meredakan rasa sakit yang tengah dialami.

Menjalani Pengobatan Medis

Dalam membantu mengatasi batu ginjal, biasanya dokter juga dapat memberikan obat-obatan golongan alpha blocker. Pengobatan ini memiliki manfaat untuk melemaskan otot saluran kemih, sehingga akan memudahkan batu ginjal untuk keluar dari dalam tubuh tanpa menyebabkan sakit.

Mengkonsumsi obat herbal

Sebagai pengobatan alternatif, Anda bisa mengonsumsi obat herbal untuk mengobati batu ginjal. Salah satu tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk batu ginjal adalah daun kejibeling dan daun tempuyung. Kedua tanaman ini mengandung senyawa bioaktif flavonoid dan diyakini memiliki khasiat untuk mengatasi batu ginjal.

Cara Mencegah Batu Ginjal Sebelum Terlambat

Sebelum terjadi pembentukan batu ginjal di dalam tubuh, sebaiknya Anda mulai menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Cara paling mudah dilakukan ialah dengan mengonsumsi air putih dan rutin berolahraga. Selain itu, Anda juga dapat mencegah batu ginjal dengan beberapa cara di bawah ini:

  • Memperbanayak makanan berkalsium tinggi

Beberapa jenis makanan yang tinggi kalsium, antara lain sayuran hijau seperti brokoli, bayam, atau bok choy, juga ikan sarden dan ikan salmon.

  • Kurangi konsumsi garam

Kandungan garam di dalam urine yang terlalu banyak bisa menghambat penyerapan kalsium dan bisa meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal.

  • Hindari suplemen vitamin C

Kebiasaan mengkonsumsi suplemen vit.C, terutama pada pria, akan menyebabkan risiko batu ginjal meningkat. Lebih baik pilihlah makanan yang mengandung vitamin C secara alami.

  • Batasi konsumsi protein hewani

Protein hewani yang terdapat pada daging unggas, babi, dan juga beberapa jenis ikan bersifat asam. Apabila kandungan asam pada urine meningkat, risiko terbentuknya batu ginjal pun meningkat.

Mengingat organ ginjal mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh, maka menjaga kesehatan ginjal tidak boleh diabaikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan Anda.

No comments:

Post a Comment