Friday, December 28, 2018

Penanganan Perut Melilit Dengan Cara Alami

Hampir semua orang pernah merasakan sakit perut, biasanya sakit perut dipakai untuk mendeskripsikan nyeri tumpul pada abdomen/kram perut. Adapun salah satu bentuk sakit perut yang memang sering dikeluhkan ialah perut melilit.

Terdapat banyak kondisi dan penyakit yang bisa menyebabkan terjadinya sakit perut melilit. Sejumlah penyakit dan adanya maslah pada organ-organ saluran cerna seperti hati, usus, pankreas, kantung empedu, dan juga lambung bisa menjadi sumber dari sakit perut melilit. Beberapa penyebab perut terasa melilitt antara lain infeksi, gangguan pencernaan, hingga keracunan makanan. Berikut ini kami akan menginformasikan mengenai penanganan perut melilit dengan cara alami yang tepat. Silahkan simak selengkapnya dibawah ini.

Penanganan Perut Melilit Dengan Cara Alami


Setiap orang mempunyai teknik yang berbeda-beda dalam  mengatasi sakit perut melilit. Ada cara satu yang berhasil untuk satu orang belum tentu efektif untuk orang lain.

Lalu, bagaimana cara yang paling aman untuk mengatasi sakit perut melilit?


Berikut ini adalah bahan-bahan yang dipercaya dapat membantu pengobatan untuk mengatasi sakit perut melilit di antaranya:


  • Jahe


Berdasarkan penelitian, jehe termasuk salah satu bahan alami yang mempunyai potensi untuk meredakan beberapa jenis penyakit perut. Sudah telah lama, jahe sering digunakan sebagai pengangkal mual juga dikenal dengan manfaatnya sebagai anti radang. Dalam penanganan perut melilit, Anda bisa mengunyah jahe atau memasukkan beberapa potongan jahe segar ke dalam secangkir teh hangat.


  • Daun mint


Bahan alami selanjutnya yang dipercaya bisa meredakan sakit perut adalah daun mint. Dengan kandungan mentolnya yang memiliki peran sebagai analgesik alami dapat mengurangi rasa perih di perut dan mengurangi mual. Dalam penanganan perut melilit, daun mint bisa diseduh dengan air putih hangat atau teh hangat. Bisa juga dengan cara mengisap permen mint atau mengunyah daun mint secara langsung.


  • Cuka sari apel


Cuka sari apel dapat menetralkan sakit perut. Namun bila tidak menyukai rasa asam yang terlalu kuat, campurkan satu sendok teh madu kemudian minum denga perlahan. 


  • Diet BRAT


Diet BRAT ini berasal dari singkatan banana, rice, apple sauce, toast atau pisang, nasi, saus apel dan roti panggang. ke empat jenis makanan ini berguna membantu menenangkan sakit perut, baik karena mual maupun diare. Kandungan makanan ini termasuk rendah serat, tapi kaya zat pengikat. Adapun diet ini kemungkinan akan terasa hambar, akan tetapi sangat berguna untuk seseorang yang mengalami sakit perut, termasuk perut melilit.

Cara Meredakan Perut Melilit


Selain sejumlah bahan alami di atas, ada beberapa tindakan dibawah ini yang dapat membantu meredakan sakit perut melilit, antara lain:


  • Hindari kegiatan yang dapat menumpuk udara berlebih diperut. Seperti merokok, mengunyah permen karet, makan terlalu cepat, dan mengkonsumsi minuman bersoda.
  • Menghentikan konsumsi makanan pemicu terjadinya sakit perut melilit.
  • Jangan berbaring setidaknya sekitar 2 jam setelah makan.
  • Makanlah dengan porsi yang wajar (tidak makan berlebih).
  • Cukupi kebutuhan istirahat tubuh.
  • Gunakanlah bantal penghangat atau botol yang di isi air hangat dan letakan di atas perut yang sakit untuk meredakan rasa sakitnya.


Walau dianggap bukan hal yang serius, namun penderita sakit perut melilit yang terjadi secara berkepanjangan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan secara lebih tepat.

Itulah informasi mengenai penanganan perut  melilit dengan cara alami. semoga dapat bermanfaat untuk kesehatan Anda. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment