Sunday, September 23, 2018

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Saat cuaca sedang panas, minum air kelapa bisa menjadi pilihan yang menarik. Dengan rasanya yang khas dan juga enak, air kelapa mempunyai manfaat luar biasa karena mengandung banyak mineral yang sangat penting untuk tubuh, sekaligus rendah kalori dan karbohidrat.

Selain itu, air kelapa juga cocok dikonsumsi ketika sedang beraktifitas berat dan banyak berkeringat atau saat seseorang sedang kehilangan banyak cairan akibat diare. Air kelapa ini dapat menjadi alternatif dari air putih untuk menghidrasi tubuh kembali.


Air Kelapa Kaya Kandungan Gizi


Walau terlihat sederhana, manfaat air kelapa patut diperhitungkan. Cairan yang berasal dari dalam buah kelapa ini mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan.

Adapun berikut inilah yang bisa Anda dapatkan dari air kelapa:
  • Air kelapa mengandung gula dan elektrolit yang bisa menyegarkan secara alami. Setiap 30ml air kelapa hanya mengandung 5,5 kalori dan 1,5 gram gula.
  • Membantu memenuhi kebutuhan mineral serta nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Pada 30ml air kelapa juga mengandung 60mg kalium dan 5,5 mg natrium. Selain itu, air kelapa juga mempunyai kandungan vitamin C, kalsium, asam folat, magnesium, zat besi, dan fosfor.
  • Berdasarkan penelitian, manfaat air kelapa bisa menggantikan cairan tubuh dengan cepat. Tidak hanya itu, air kelapa juga terbukti mempunyai kemampuan lebih baik dari pada air biasa atau minuman olahraga.
  • Air kelapa memiliki sifat antioksidan, yang dapat mengatasi racun-racun serta zat radikal bebas yang masuk untuk merusak tubuh.
  • Terdapat kemungkinan bahwa manfaat air kelapa bisa menurunkan risiko penyakit jantung karena dapat menurunkan tingkat trisliserida. Namun hal ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.
  • Ada juga penelitian yang menunjukan bahwa kemungkinan manfaat air kelapa ialah bisa mencegah penumpukan kalsium, oksalat, dan zat lain menjadi kristral, yang merupakan penyebab batu ginjal. Meski manfaat ini perlu dilakukan studi lebih lanjut terhadap hal tersebut.


Berapa Jumlah Konsumsi yang Tepat?


Untuk orang Indonesia, mengkonsumsi air kelapa adalah hal umum. Air kelapa dijual dengan rasa alami atau juga dicapur dengan bahan-bahan lain. Lalu, berapa banyak sebaiknya mengkonsumsi air kelapa?

Air kelapa sebagai minuman sehari-hari bisa dianggap seperti jus buah. Ada baiknya dikonsumsi cukup sekitar 1 gelas per hari. Walau tergolong sehat, ada hal yang perlu diingat ialah air kelapa tetap mengandung kalori.

Apabila Anda mengkonsumsi air kelapa sekitar 250 ml per hari, maka Anda harus menghitung tambahan 45-60 kalori. Kemudian, jika kalori tambahan dari air kelapa itu tidak digunakan oleh tubuh, maka bisa meningkatkan berat badan sekitar 2kg tiap tahunnya.

Perhatikan Kemungkinan Efek Samping


Di Indonesia sering kali wanita hamil disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa sebab dianggap bermanfaat, meski belum sepenuhnya terbukti secara ilmiah. Untuk itu, bagi wanita hamil dan menyusui ada baiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi air kelapa. Apabila ragu Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Air kelapa mempunyai kemungkinan dalam menurunkan tekanan darah, sekaligus dapat meningkatkan efek obat tekanan darah tinggi. Adapun yang harus diwaspadai ialah air kelapa mungkin akan mengganggu tekanan darah selama dan pasca operasi. Dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi air kelapa selama 2 minggu sebelum jadwal operasi.

Kini Anda dapat memperoleh manfaat air kelapa tidak hanya dari buah segar, tetapi juga dari air kelapa yang disajikan dalam kemasan. Namun, jangan lupa untuk membaca label pada kemasannya sebelum membeli. Pastikan air kelapa kemasan ini bebas dari pemanis buatan dan pengawet agar tetap sehat dikonsumsi.

Ada baiknya juga untuk menghindari minum air kelapa secara berlebihan, pastikan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Dan bagi Anda yang mempunyai kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengkonsumsi air kelapa.

Itulah informasi lengkap mengenai manfaat air kelapa untuk kesehatan yang bisa kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dan keluarga.

No comments:

Post a Comment