Thursday, September 20, 2018

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Jerawat merupakan masalah umum yang dapat terjadi pada sebagian orang. Penyebab utama munculnya jerawat ialah produksi minyak, pori-pori tersumbat, sel kulit mati, dan bakteri. Bukan hanya mengganggu, jerawat juga dapat membuat kita menjadi tidak percaya diri. Namun tidak usah khawatir, karena terdapat beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa Anda lakukan.

Saat minyak bercampur dengan sel-sel kulit mati hingga menyumbat pori-pori kulit, maka jerawat akan muncul. Selain itu, bakteri juga ternyata dapat tumbuh pada campuran minyak dam sel-sel kulit mati tersebut. Apabila kondisi ini di biarkan, maka bisa terjadi pembengkakkan, kemerahan, bahkan muncul nanah pada jaringan yang menjadi tempat munculnya jerawat ini.

Jerawat Dapat Dihilangkan


Biasanya jerawat muncul pada wajah, leher, dad, punggung, dan juga bahu. Hal ini karena kulit di daerah tersebut mempunyai paling banyak kelenjar minyak, yang dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Adapun berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat secara alami, diantaranya:

  • Langkah awal, Anda dapat memulainya dengan cara mencuci atau membersihkan area wajah yang terkena jerawat dengan pembersih alami. Untuk mencuci muk , lakukanlah 2 kali sehari dengan sabun lembut dan juga air hangat. Apabila jerawat muncul juga di area rambut Anda, maka cuci rambut Anda secara teratur.
  • Anda dapat menggunakan minyak pohon teh yakni gel yang mengandung 5% minyak pohon teh. Minyak ini mungkin efektifnya sama seperti losion yang mengandung 5% benzoyl peroksida meskipun minyak pohon teh mungkin juga bekerja lebih lambat dalam mengobati jerawat Anda, namun terbukti sangat efektif. Waspadai bahwa minyak pohon teh bisa menimbulkan efek samping seperti kemerahan juga peradangan pada kulit.
  • Anda juga bisa mencoba menggunakan ekstrak lidah buaya dan teh hijau. Losion yang mengandung 2% ekstrak teh hijau dapat membantu mengurangi jerawat. Sementara 50% gel lidah buaya yang dikombinasikan dengan jerawat seperti tretinoin, bisa juga mengobati jerawat Anda dengan baik.
  • Gunakanlah pelembab wajah bebas minyak dengan tabir surya. Pada kondisi tertentu, matahari bisa memperburuk jerawat akibat sinar ultraviolet. Dan beberapa obat jerawat akan membuat Anda lebih rentan terhadap sinar matahari.
  • Menggunakan es. Es mampu membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Adapun caranya ialah dengan membeungkus es dengan kain bersih, lalu tempelkan pada jerawat Anda, tahan selama 1 menit. Ini akan mengurangi kemerahan serta pembengkakan pada jerawat Anda.
  • Putih telur. kandungan protein dan vitamin yang ada didalamnya bisa membantu mengencangkan kulit serta mengontrol minyak pada kulit Anda. Selain itu, putih telur juga mampu mengatasi pori-pori yang tersumbat dan mengurangi peradangan. Caranya ialah dengan mengolesi putih telur pada area yang berjerawat, tunggu hingga 10 menit, lalu bilas dengan air. Pastikan telur yang digunakan dalam kondidi baik, segar, serta hindarilah mengkonsumsi putih telur mentah secara tidak sengaja ketika melakukan perawatan, mengingat bahwa banyak bakteri pada telur mentah. Cara ini pun belum mempunyai bukti dari penelitian yang menunjukan efektifitasnya dalam mengurangi jerawat.
  • Madu mentah alami dipercaya mempunyai manfaat menyembuhkan luka, jenis madu manuka merupakan madu yang baik untuk mengobati jerawat Anda. Selain itu, madu juga dapat membantu beberapa masalah pada kulit, seperti bisul dan luka bakar. Ada pula kayu manis mempunyai potensi anti-mikroba, anti-parasit, serta antioksidan. Kedua jenis bahan ini dapat dijadikan masker wajah Anda yang berjerawat. Cara pengolahannya adalah mencampurkan kedua bahan tersebut, kemudian masukkan ke dalam microwave selama 30 detik, dan pastikan tidak terlalu panas, lalu oleskan masker pada wajah Anda. Biarkan hingga 10 menit. Kemudian bilas dengan air dan keringkan wajah Anda dengan handuk yang bersih. Untuk Anda yang alergi terhadap bahan ini, tidak disarankan untuk menggunakannya.
  • Anda bisa meletakan irisan mentimun sebagai pengobatan mata bengkak, maka mentimun juga bisa membantu mengurangi pembengkakan jerawat Anda. Warna merah dan peradangan yang diakibatkan oleh jerawat bisa diringankan dengan mentimnun. Sebab mentimun mampu mendinginkan kulit.
  • Perbaikan pola hidup akan membantu dalam menghilangkan jerawat, yakni dengan mendapatkan pola istirahat yang cukup, mengkonsumsi asupan nutrisi dengan seimbang, menghindari stres, serta menghindari papran polutan berlebih.


Pilihan pengobatan untuk jerawat di atas, diketahui bisa membantu menangani masalah jerawat. Meski demikian, masih diperlukan pnelitian lagi untuk dapat mengetahui efektivitas serta keamanan penggunaan jangka panjang dari bahan-bahan alami ini.

Itulah beberapa informasi mengenai cara menghilangkan jerawat secara alami semoga bisa bermanfaat dalam pengobatan alternatif jerawat Anda.

No comments:

Post a Comment