Friday, September 7, 2018

Cara Menambah Berat Badan Menjadi Lebih Ideal

Ketika kebanyakan orang ingin menurunkan berat badan, tentu bukan hal yang salah apabila Anda ingin mengetahui bagaimana cara agar tubuh menjadi lebih berisi. Tahukah Anda? ternyata menambah berat badan bukanlah perkara yang mudah untuk Anda yang mempunyai tubuh kurus.

Tubuh yang terlalu kurus tidaklah selalu menyenangkan. Sebab hal ini bisa menjadi persoalan jika penyebabnya adalah kekurangan nutrisi atau menderita penyakit tertentu. Belum lagi, apabila memandang kondisi tersebut dapat memperburuk saat Anda, khususnya kaum wanita, sedang mengandung. Namun, terdapat beberapa cara sehat yang bisa ditempuh agar Anda dapat menambah berat badan.

Menambah Berat Badan Menjadi Lebih Ideal



Terlebih Dahulu, Periksa Kesehatan Anda

Cara paling baik dalam menambah berat badan bergantung pada hal apa yang menyebabkan berat badan Anda berkurang atau rendah. Untuk itu, sebelum memulai program peningkatan berat badan, periksakanlah terlebih dahulu apakah berat badan Anda memang berada di bawah berat badan normal dengan menghitung indeks massa tubuh. Apabila berat badan Anda kurang dari yang seharusnya, maka bisa jadi Anda membutuhkan penanganan medis.

Adapun beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab berat tubuh Anda berkurang dari normal, antara lain:
  • Kelenjar tiroid yang terlalu aktif (Hipertiroidisme).
  • Mengalami gangguan pencernaan. Misalnya mengidap penyakit kolitis ulsseratif atau Crohn.
  • Menderita penyakit Celiac yang membuat tubuh tidak bisa menyerap nutrisi tertentu dari makanan.
  • Mengalami gangguan makan. Seperti anoreksia nervosa.
  • Menderita Kanker dan menjalani kemoterapi.
  • Depresi atau stress (menderita gangguan psikologis).
Orang yang mengalami penyakit-penyakit diatas, sangat membutuhkan pengobatan dari dokter dan psikiater.

Cara Memperoleh Tubuh Ideal yang Lebih Berisi


Terlepas dari gangguan-gangguan medis di atas, untuk Anda yang ingin menambah berat badan secara sehat dan juga aman dapat mengikuti beberapa panduanberikut ini.

  • Makan lebih sering

seseorang dengan berat badan yang kurang lebih sering merasa cepat kenyang. Untuk itu, dari pada makan 2 hingga 3 kali sehari dalam porsi besar, lebih baik makan 5-6 kali sehari pada porsi yang lebih kecil.

  • Pilih makanan sehat yang kaya dengan nutrisi

Ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan badan lebih berisi yaitu memilih makanan sehat dengan kandungan gizi yang seimbang dan tepat. Perbanyaklah konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, serta sumber protein tanpa lemak seperti tahu, tempe, dan daging ayam tanpa kulit.

  • Mengkonsumsi jus atau smoothies

Anda disarankan meminum kalori pada waktu makan, terutama ketika Anda tidak berselera mengkonsumsi camilan apapun. smoothies ialah minuman berbahan dasar buah dan kacang yang dicampur dengan susu atau yoghurt serta bahan-bahan lain yang disatukan dan di blender. Hindarilah minuman bersoda, kopi, serta minuman lainnya yang tidak mengandung nutrisi. Adapun Anda bisa mengganti camilan dengan segelas jus segar.

  • Minum saat makan atau 30 menit sesudah makan

Meminum banyak air sebelum makan dapat membuat perut kenyang. Namun sebaliknya, minum di tengah atau 30 menit setelahnya akan menjadikan tubuh dapat menyerap lebih banyak kalori.

  • Tambahkan asupan kalori

Tambahkanlah kalori dalam setiap makanan Anda. Seperti dengan menambahkan keju parut pada roti dari biji-bijan utuh atau telur dadar pada sup ayam Anda. Meski demikian, Anda juga diharuskan untuk tetap berhati-hati dalam memilih makanan penambah kalori ini agar tidak menyebabkan kelebihan glukosa (gula darah) dan juga lemak tidak sehat dalam tubuh.

  • Membiasakan diri untuk olahraga

Olahraga yang melatih kekuatan dapat meningkatkan berat badan dengan cara membentuk otot Anda. Adapun olahraga sangat bermanfaat untuk membangkitkan nafsu makan Anda. Anda dapat mencoba olahraga Aerobik, angkat beban, berenang, berlari, dan  juga bersepeda statis. Memadukan olahraga dengan konsumsi camilan yang kaya protein seperi susu coklat rendah lemak (minuman ini juga dapat dikonsumsi sebelum tidur), sangat baik untuk membuat berat badan Anda lebih ideal.

  • Istirahat dengan cukup
Metabolisme dalam tubuh tidak dapat bekerja dengan baik jika Anda memiliki kualias tidur yang buruk atau kurangnya waktu untuk Anda beristirahat. Untuk itu, tidur dan bangunlah dengan waktu yang tepat karena dapat membantu menjaga berat badan.


Menambah Berat Badan Pascasakit


Sakit dengan waktu yang cukup lama akan sekaligus Anda dapat kehilangan nafsu makan. Padahal, di masa ini tubuh Anda sangat membutuhkan makanan dengan kalori, protein, mineral,vitamin, dan nutrisi yang cukup agar dapat kembali pulih.

Berikut adalah beberapa makanan yang mudah dicerna dan diolah juga sangat baik untuk mengembalikan kondisi tubuh. Yaitu bubur dan sayur, bubur oatmeal, smoothies, tahu, sup ayam, telur rebus, kentang rebus, susu, roti gandum dengan keju, pisang atau ubi rebus. Serta selalu masak daging mentah hingga sepenuhya matang dan hindarilah mengkonsumsi ikan yang mentah.

Menambah nafsu makan pada saat dan setelah sakit memang bukanlah hal yang mudah. Adapaun berikut ini adalah tips-tips yang diharapkan dapat membuat Anda kembali makan dengan lahap, di antaranya:
  • Berjalan-jalan sebentar sebelum makan mungkin dapat membangkitkan selera makan Anda.
  • Konsumsilah makanan kesukaan Anda.
  • Biasanya makanan manis bisa membangkitkan selera makan, padukanlah madu dan susu pada jus atau smoothies Anda.

Selain dengan pola makan sehat dan berolahraga, Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen vitamin yang menjanjikan peningkatan berat badan seperti Walatra Spirulina Platensis G Kapsul yang sangat Aman untuk dikonsumsi karena merupakan produk herbal yang telah terdaftar di BPOM dan juga telah tersertifikasi HALAL oleh MUI.

Demikianlah informasi cara untuk menambah berat badan agar lebih ideal. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda bisa menambah berat badan Anda. Dan tubuh yang lebih berisi serta sehat, bukan lagi sekadar impian. Selamat mencoba dan terima kasih telah menyimak informasinya.

No comments:

Post a Comment