Thursday, September 20, 2018

Manfaat Bangun Pagi Serta Cara Mudah Melakukannya

Umumnya banyak cara yang biasa dilakukan, seperti dengan memasang alarm pada ponsel dengan suara yang kencang. Namun cara ini seringkali tidak berhasil. Saat alarm telah berbunyi, banyak yang kembali tidur. Apabila di pagi hari Anda memang melakukan hal tersebut, Anda nyatanya tidak sendirian karena juga memang ada banyak orang yang merasakan kesulitan untuk bangun pagi. Padahal terdapat banyak hal positif yang dapat kita rasakan dengan bangun pagi.


Manfaat Bangun Pagi & Cara Mudah Melakukannya


Hal Positif dari Bangun Pagi


Berikut ini adalah beberapa hal positif yang sangat bermanfaat dari bangun pagi:

  • Lebih berprestasi di sekolah atau kampus

Berdasarkan penelitian, siswa yang dapat bangun pagi cenderung mempunyai nilai/indeks prestasi yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang suka tidur malam. Hal ini memiliki 2 alasan yang mendasari. Pertama, bangun pagi menjadikan mahasiswa dapat belajar terlebih dahulu sebelum jam belajar dan tidak terlambat mengikuti kelas kuliah. Dan yang kedua, untuk bangun pagi mereka akan tidur lebh awal sehingga tidak tergoda untuk melakukan kegiatan lain yang memberi pengaruh negatif  pada kemampuan akademis.


  • Lebih bahagia

Seseorang yang bangun pagi diduga akan merasa lebih bahagia dan merasa lebih sehat dari pada mereka yang memiliki kebiasaan begadang hingga larut malam, menurut sebuah studi.


  • Menjadi lebih proaktif

Bangun pagi juga diduga dapa membuat seseorang menjadi lebih proaktif sekaligus dapat mengantisipasi masalah yang akan terjadi serta berusaha untuk meminimalisir masalah tersebut.


  • Bisa olahraga pagi

Dengan bangun pagi akan memungkinkan kita untuk menghirup udara segar dan olahraga. Rutin berolahraga bisa bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental tubuh, yakni membuat kita jadi lebih bahagia, mengurangi berat badan, dapat membangun dan menjaga kesehatan tulang dan otot, mengurangi resiko penyakit kronis, meningkatkan energi, memperlancar peredaran darah, memperlambat penuaan, menjaga kesehatan otak, juga dapat meningkatkan kualitas tidur serta bisa mengurangi rasa sakit atau nyeri.

Tips Mudah Untuk Bangun Pagi


Untuk sebagian orang tidak mudah melakukan bangun pagi. Adapun tips berikut ini mungkin dapat membantu Anda bangun pagi, diantaranya:

  • Matikan lampu dan benda elektronik

Cahaya terang dari lampu sebelum tidur bisa mengurangi dan memperlambat produksi melatonin, yaitu hormon yang membantu untuk merasa mengantuk. Begitu pola cahaya dari ponsel, laptop, komputer, dan TV. Untuk itu, disarankan untuk mematikan sumber cahaya paling tidak 1 jam sebelum tidur.


  • Ketahui jam tidur yang dibutuhkan

Pada orang dewasa membutuhkan tidur selama 7-9 jam dalam sehari, namun ada juga yang dapat segar bugar walaupun hanya tidur dengan 6 jam. Ada baiknya cari tahu berapa banyak jam tidur yang diperlukan untuk tubuh Anda. Sesudah itu tetapkan jam berapa Anda harus bangun. Contohnya jika Anda membutuhkan 8 jam tidur dan harus bangun pada pukul 05.00, Anda disarankan sudah tidur pada pukul 21.00.


  • Taruh alarm di tempat yang tidak mudah dijangkau tangan

Saat mendengar alarm berbunyi, hal yang sering dilakukan adalah mematikannya. Apalagi bila alarm di taruh di bawah bantal atau dimeja sampaing tempat tidur. Untuk menyiasati hal ini, tempatkan alarm agak jauh, sehingga mengharuskan Anda bangun untuk mematikan alarm.


  • Langsung bangun

Sesudah alarm dimatikan, segera duduk di tempat tidur Anda lalu gerak-gerakkan kaki Anda. Kemudian ambil nafas dalam-dalam sebanyak 3-4 kali agar lebih siap bangun dari tempat tidur dan lakukan aktivitas.


  • Minum kafein

Biasakanlah untuk sarapan, melakukan meditasi, serta rutin berolahraga juga bisa membantu membuat bangun pagi menjadi hal yang lebih menyenangkan. Untuk sebagian orang, memang tidak mudah bangun pagi. Akan tetapi mengingat banyaknya manfaat yang dapat diambil, Anda bisa bangun pagi dimulai dari sekarang agar tubuh menjadi lebih sehat dan semangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Itulah beberapa informasi yang dapat disampaikan terkait manfaat bangun pagi serta cara mudah untuk melakukannya. Semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment