Friday, September 21, 2018

Cara Menjadi Pribadi yang Selalu Optimis

Tahukah Anda bahwa bersikap optimis terhadap segala sesuatu akan berdampak positif juga terhadap kehidupan kita? Ini karena masa-masa sulit yang harus dihadapi akan terasa lebih ringan.



Setiap orang mempunyai caranya sendiri dalam menghadapi berbagai masalah. Ada yang menghadapinya dengan sikap pesimis, dan ada pula yang memilih untuk bersikap optimis.

Biasanya orang yang mempunyai sifat pesimis akan cenderung menyalahkan diri sendiri atas kegagalan yang diraih. Sementara orang yang bersikaf optimis akan cenderung menganggap bahwa setiap masalah mempunayi hal positif yang bisa diambil hikmahnya. Untuk itu, tidak heran orang yang mempunyai sifat optimis akan cenderung memiliki kesehatan mental dan fisik yang lebih baik.

Terdapat sebuah studi yang menyatakan bahwa orang yang mempunyai sifat optimis memiliki resiko lebih rendah menderita penyakit kanker. Bahkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh juga cenderung lebih kuat, sehingga kualitas hidup bisa dikatakan lebih baik.

Berikut ini cara menjadi pribadi yang lebih optimis dalam menghadapi berbagai masalah, antara lain:

Berpikir Positif

Latih keyakinan dalam pikiran bahwa Anda bisa melakukan berbagai macam hal baik di dalam hidup yang dapat membawa Anda menuju gerbang kesuksesan. Seperti meyakini bahwa Anda akan mampu untuk belajar lebih giat, untuk mendapatkan nilai yang memuaskan.

Ambil hal baik dari setiap kejadian

Setelah selesai melakukan aktivitas seharian, luangkanlah waktu setidaknya 10 menit untuk memikirkan hal-hal positif yang berhasil di raih di hari itu. Mensyukuri apa yang telah dicapai dengan baik, termasuk untuk hal-hal kecil namun seringkali terlupa.

Jangan salahkan diri sendiri dan tidak cepat putus asa

Ketika dihampiri kegagalan, janganlah menyalahkan diri sendiri. Kegagalan harus dihadapi, anggaplah kegagalan tersebut bersifat sementara dan akan mengantarkan Anda untuk satu langkah lebih dekat pada keberhasilan. Misalnya ketika gagal ujian, jangan berpikir bahwa Anda bodoh. Tapi berpikirlah bahwa kegagalan tersebut terjadi karena Anda tidak belajar dengan maksimal. Belajarlah dari pengalaman serta upayakanlah lebih giat di kemudian hari untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Mengubah penggunaan kata negatif

Hindarilah kebiasaan menggunakan kosakata yang negatif dalam melakukan berbagai macam hal. Disarankan untuk menghindari kata “saya tidak bisa” atau “ini tidak akan berhasil”  saat menghadapi sesuatu. Anda dapat mengubah kata-kata tersebut dengan kata yang lebih positif seperti “saya akan mencoba” atau “ini akan berhasil”. Pupuk kepercayaan diri Anda serta jangan takut gagal, setidaknya Anda telah mencoba, sehingga dapat mengetahui di mana letak kekurangan dan mampu memperbaikinya hingga mencapai tujuan.

Fokus pada masa depan

Janganlah terperangkap pada masa lalu, jadikan sebagai pelajaran serta berpikirlah tentang apa yang harus dikerjakan hari ini dan nanti. Sebab, tak ada yang bisa diubah dari masa lalu. Anda hanya bisa memperbaiki dan tak mengulangi hal yang tidak berguna pada masa yang mendatang.

Bergaul dengan orang-orang yang berpikiran positif

Apabila lingkungan sekitar lebih banyak memberikan aura negatif, mungkin inilah saatna untuk mengurangi intensitas bergaul dengan orang-orang tersebut. Carilah teman yang mampu berpikir positif dalam menghadapi segala sesuatu sehingga Anda dapat menjadi orang yang positif pula.

Seseorang yang mempunyai sikap optimis cenderung akan melihat kegagalan bukanlah masalah yang besar dan dirisaukan. Kegagalan hanya kesuksesan yang tertunda karena situasi yang kurang mendukung. Sehingga pribadi yang optimis cenderung lebih mudah bangkit kembali dari kegagalan untuk meraih keinginan dan cita-cita yang diharapkan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara menjadi pribadi yang optimis. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat dan selamat menjadi pribadi yang selalu optimis. 

No comments:

Post a Comment