Saturday, September 15, 2018

Memahami Pentingnya Membersihkan Mata

Sering kali menjaga kebersihan mata terlupakan. Dan tanpa sadar mata selalu terpapar oleh debu, kotoran atau benda asing lainnya yang menyebabkan penglihatan terganggu sehingga aktivitas sehari-haripun menjadi berjalan tidak efektif. Keadaan ini tentu sangat merepotkan, terlebih jika Anda merupakan pengguna lensa kontak.

Adapun saat kotoran, debu, atau benda asing lainnya masuk ke mata, Kemungkinan besar Anda akan mengucek mata untuk membersihkannya. Akan tetapi, hal tersebut bisa menjadikan mata Anda mudah mengalami iritasi dan juga memiliki resiko pandangan menjadi kabur. Untuk itu, sangatlah penting menjaga kebersihan mata dengan rutin setiap hari secara benar agar mata selalu sehat.

Pentingnya Membersihkan Mata Setiap Hari




Kapankah Mata Harus Dibersihkan?


Mata ialah organ tubuh yang kompleks yang dilengkapi dengan bagian-bagian yang tercipta khusus untuk melindunginya dari paparan debu, kotoran, atau benda asing lainnya. Meski begitu, ada beberapa benda asing masih tetap mungkin dapat masuk ke dalam mata sehingga menyebabkan fungsi dari mata terganggu.

Paparan debu, kotoran,atau benda asing lainnya ini bisa membuat mata mengalami iritasi juga membuatnya menjadi merah, hingga bahkan dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada mata. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda perlu membersihkan mata dengan cara yang tepat dan benar saat ada benda asing yang masuk ke mata. Apabila telah terjadi gangguan pada mata akibat paparan debu, kotoran, atau benda asing cara membersihkannya harus juga dilakukan secara tepat agar gangguan yang terjadi agar gangguan yang terjadi tidak menjadi semakin parah dan keluhannya pun dapat teratasi dengan baik.

Cara Aman Membersihkan Mata


Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan mata, akan tetapi cara harus disesuaikan dengan jenis kotoran yang masuk ke dalam mata. Adapun berikut ini merupakan cara sederhana untuk membersihkan mata, diantaranya:
  • Dalam membersihkan mata, langkah awal ialah mencuci tangan menggunakan sabun dan air. Dan terlebih dahulu, lepaskanlah lensa kontak Anda, bila menggunakannya.
  • Kemudian bersihkanlah debu, kotoran, atau benda asing lainnya yang masuk ke mata Anda dengan mengalirkan air bersih yang diteteskan secara perlahan ke mata.
  • Cara lain yang bisa dilakukan yaitu merendam mata menggunakan eye bath cup, gelas, atau wadah kecil berisi air. Lalu tundukan wajah dan arahkan eye bath cup berisi air itu ke mata yang bermasalah. Ketika mata terendam, lakukan gerakkan mebuka dan menutup mata secara berulang untuk mengeluarkan kotoran atau benda asing yang ada di dalam mata.

Selain penanganan di atas, Anda juga dapat membersihkan mata dengan menggunakan cairan pencuci mata. Cairan pencuci mata bisa membantu mengeluarkan benda asing maupun bahan kimia dari permukaan mata sekaligus meredakan gejala-gejala gangguan mata, seperti perih, gatal, atau mata merah.

Biasanya cairan mata yang digunakan untuk membersihkan mata adalah yang mengandung bahan witch hazel yang memiliki fungsi membantu membersihkan mata juga mampu meredakan iritasi atau peradangan. Sehingga mata akan terasa sejuk dan segar serta akan kembali berfungsi dengan baik. Namun hindarilah penggunaan cairan mata yang mempunyai kandungan zat pengawet seperti Benzalkonium chloride, karena dari penelitian diketahui ada efek yang dapat merugikan untuk mata.

Saat Anda memilih menggunakan cairan pencuci mata, pilihlah produk yang telah terdaftar di BPOM supaya keamanannya dapat terjamin. Produk cairan pencuci mta tertentu bahkan juga ada yang telah tersertifikasi HALAL dari MUI, sehingga bisa digunakan secara luas oleh masyarakat.

Jadi, jangan pernah mengucek, manggaruk atau membersihkan mata dengan tangan apalagi dalam kondisi kotor. Hal ini akan justru berisiko bertambahnya parahnya gangguan pada mata. Apabila keluhan pada mata terasa sangat mengganggu atau tidak kunjung membaik, disarankan untuk berkonsultasi pada dokter mata agar segera dapat diberikan penanganan yang sesuai.

Inilah informasi yang dapat kami sampaikan terkait memahami pentingnya membersihkan mata setiap hari. Semoga dapat bermanfaat untuk kesehatan mata Anda dan keluarga.

No comments:

Post a Comment