Monday, September 10, 2018

Cara Merawat Gigi Yang Baik Dan Benar

Sudahkah Anda menyikat gigi 2 kali dalam sehari? Namun masalah gigi dan gusi masih sering terjadi? Hal ini bisa saja terjadi karena cara Anda dalam menyikat gigi masih belum tepat. Berikut ini adalah beberapa poin yang bisa menjadi panduan.

Cara Merawat Gigi Yang Baik Dan Benar


Jadikan bagian dari rutinitas

Jadikanlah menggosok gigi sebagai bagian dari rutinitas yang wajib, yakni setelah makan atau setidaknya pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Jangan terlalu sering

Menggosok gigi sebanyak 2-3 kali dalam sehari adalah jumlah ideal untuk merawat gigi. Jika terlalu seing, akan malah merusak email gigi serta dapat membahayakan terhadap gusi.

Tidak terlalu kuat

Menggosok gigi terlalu kencang atau kuat juga akan berisiko merusak gigi dan gusi. Untuk itu, agar dapat mengontrol pergerakan sikat dengan baik peganglah gagang sikat seperti Anda memegang pensil, bukan dengan tangan yang mengepal.

Tidak buru-buru

Supaya penyikatan gigi dapat dilakukan dengan lebih seksama, beri waktu setidaknya 30 detik untuk menyikat setiap sisi deretan gigi: yakni di samping kanan, samping kiri, dan di bagian depan.

Teknik yang baik

Adapun teknik yang baik dapat dilakukan dengan langkah yaitu pegang sikat Anda pada sudut 45 derajat dari gusi dan gerakkan sikat dari arah kanan ke kiri secara berulang kali disepanjang gigi. Sikat permukaan gigi di bagian luar dan dalam, serta geraham belakang.

Sikat juga lidah dan sisi dalam pipi

Selain pada permukaan gigi, bekteri juga terdapat pada lidah dan sisi dalam kanan kiri pipi. Sikat juga pada bagian ini dengan lembut secara teratur untuk mengurangi bau nafas tidak sedap. Adapun beberapa merek sikat gigi menyediakan alat khusus untuk membersihan lidah.

Berkumur

Berkumurlah dengan air bersih setiap kali selesai menggosok tiap bagian. Kemudian mengakhirinya dengan obat kumur antiseptik akan semakin menunjang kebersihan mulut dan kesegaran bau nafas.

Pilihlah dan juga gunakanlah pasta gigi dan sikat gigi yang tepat. Hal ini juga merupakan kunci kesehatan gigi dan gusi. Gigi dan gusi yang tidak sehat dapat menjadi faktor pendukung terhadap berkembangnya masalah kesehatan lain seperti diabetes dan sakit jantung. Untuk itu, rawatlah gigi Anda dengan cara yang baik dan benar.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan gigi Anda dan seluruh keluarga Anda. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment