Monday, September 3, 2018

Langkah Mudah Cuci Muka Yang Benar Agar Kulit Sehat

Apakah Anda telah menggunakan produk pembersih wajah? namun wajah masih terasa kurang bersih bahkan masalah kulit justru semakin banyak? Bisa jadi, Anda tidak mencuci muka dengan benar. Dengan menggunakan banyak produk pembersih wajah, sebenarnya bukan jaminan untuk Anda bisa mendapatkan kulit yang bersih dan terbebas dari kotoran. Lalu, bagaimana cara cuci muka yang baik dan benar? Silahkan simak informasinya di bawah ini.

Cara Cuci Muka Yang Benar


Berikut ini merupakan cara atau langkah mudah cuci muka yang benar agar kulit wajah sehat yang sangat penting untuk di ketahui.

1. Cuci Tangan

Ada banyak orang yang lalai dalam hal ini. Padahal cara cuci muka yang benar ialah dengan mencuci tangan terlebih dahulu. Karena tangan yang kotor justru akan membuat kotoran di kulit semakin menumpuk. Bahkan, hal ini juga dapat berpotensi menimbulkan jerawat.

2. Membersihkan Make-up

Sebaiknya Anda jangan langsung mencuci muka menggunakan sabun atau pembersih wajah lainnya setelah seharian memakai make-up. Membersihkan make-up terlebih dahulu dengan pembersih khusus seperti dengan menggunakan micellar water hingga benar-benar bersih merupakan cara yang baik. Setelah itu, basuh wajah Anda dengan kain lap lembut yang telah dibasahi air hangat.

3. Pakai Air Hangat

Air terbaik untuk cuci muka adalah menggunakan air hangat yang suam-suam kuku untuk membersihkan wajah. Namun hindarilah penggunaan air panas dalam mencuci muka, karena air panas justru akan membuat kulit Anda kering dan akan rentan menglami iritasi.

4. Memilih Pembersih Wajah Dalam Bentuk Gel atau Krim

Pemakaian sabun untuk cuci muka bisa menyebabkan kulit kering dan juga tidak akan menghapus seluruh kotoran di wajah. Sabun yang terlalu keras untuk kulit akan mengangkat lapisan minyak alami kulit dan akan memperjelas garis-garis halus pada wajah.

Untuk itu, memilih atau menggunakan pembersih wajah berbentuk gel atau krim sangat lebih baik untuk kulit wajah. Sebab pembersih wajah jenis ini dapat berfungsi dalam membantu pengelupasan kulit, membersihkan sisa make-up, serta dapat mengatasi pori-pori yang tersumbat.

5. Pijat Wajah Dengan Lembut

Disarankan untuk tidak terburu-buru saat mencuci muka. Karena hal tersebut dapet membuat kotoran dan minyak tidak dapat hilang dengan sempurna.

Apabila ingin mendapatkan kulit wajah yang bersih dan terbebas dari kotoran, luangkan waktu setidaknya beberapa detik untuk memberi pijatan lembut pada wajah Anda. Pijatlah di daerah sekitar hidung dan dahi atau di tempat lainnya yang cenderung berminyak. Setelah itu, bilaslah dengan air hingga bersih.

6. Gunakan Lap Untuk Mengeringkan Wajah

penggunaan lap yang lembut dalam mengeringkan wajah, dapat membantu pengelupasan kulit-kulit mati, membersihkan make-up, dan juga membersihkan kotoran yang menempel di wajah.

Setiap malam, celupkan kain lap dalam air hangat, peras sedikit, serta tempelkan pada wajah, leher, dan dada untuk membuka pori-pori. Bersihkanlah bagian-bagian tersebut dengan perlahan. Bersihkan juga dahi dan bagian belakang leher.

Ingatlah, jangan menggosokkan handuk ke  wajah saat mengeringkan muka. Karena hal ini bisa mengancam elastisitas kulit wajah. Biarkan wajah mengering dengan sendirinya atau tepuk-tepuk muka dengan handuk bersih. Tepuk-tepuk kain lap yang lembap pada kulit dengan gerakan menyapu ke bawah.

7. Pakai Toner

Selesai cuci muka, pakailah tonr yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Toner mempunyai fungsi membersihkan semua bekas make-up, debu, dan minyak yang biasanya tidak dapat dibersihkan secara optimal oleh pembersih biasa. Selain itu, toner juga bisa mengangkat sisa sabun, menghilangkan kelebihan minyak, mengecilkan pori-pori, dan menghaluskan kulit Anda.

8. Krim Mata Dapat Menjadi Teman Terbaik

Area halus pada sekitar mata merupakan kulit tertipis yang harus ekstra diperhatikan. Untuk itu, sebaiknya Anda memakai krim mata setiap hari. Apabila mata Anda sensitif atau rentan bengkak, carilah krim mata yang mengandung peptida dan bahan-bahan herbal.

Cara penggunaanya ialah ambil sedikit krim mata dengan ujung jari, kemudian oleskan ke bagian mata dalam hingga sudut terluar. Tekan dengan perlahan pada area yang dioleskan krim dengan ujung jari agar krim dapat merata.

Itulah langkah mudah cuci muka yang benar agar kulit sehat hingga terbebas dari debu dan kotoran. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

No comments:

Post a Comment