Friday, September 14, 2018

Makanan Sehat Untuk Penderita Kolestrol Tinggi

kolestrol tinggi kini tidak lagi hanya menjadi masalah bagi orang tua. Namun, pada mereka yang berusia muda pun bisa menderita kolestrol. Tahukah Anda, bahwa jika banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji bisa meningkatkan kadar kolestrol. Ketika kolestrol telah bersarang pada tubuh kita, maka akan menyebabkan beberapa penyakit seperti stroke dan serangan jantung. Untuk menghindari komplikasi yang berbahaya, sudah seharusnya penderita kolestrol tinggi menjaga pola makan yang sehat.

Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol


Adapun makanan sehat yang dapat membantu mengurangi tingkat kolestrol dalam darah diantaranya:

  • Buah dan sayuran

Buah dan sayur merupakan makanan dengan kandungan lemak jenuh yang rendah. Untuk itu, mengkonsumsi buah dan sayur dapat menurunkan kolestrol tinggi. Dengan mengkonsumsi lebih banyak maka Anda akan merasa kenyang sehingga mengurangi kemungkinan mengkonsumsi makanan dengan lemak jenuh.


  • Oat dan jelai

Mengkonsumsi kedua jenis makananan ini dapat mengikat kolestrol dalam usus serta mencegahnya diserap oleh tubuh. Hal ini disebabkan karena kedua makanan ini mempunyai kandungan serat yang disebut dengan beta glukan. Konsumsi sekitar 3 gram makanan yang kaya akan beta glukan dalam sehari dipercaya dapat mengurangi kolestrol. Adapun kacang merah mengandung serat larut. Anda dapat menjadikan bubur oat sebagai sarapan dan mencampurkannya dengan buah seperti pisang untuk menambahkan kadar serat dalam makanan Anda.


  • Kacang-kacangan

Kacang memiliki manfaat mengurangi kolestrol dalam darah karena mengandung protein, lemak tak jenuh, vitamin E, serat magnesium, dan kalium. Adapun Anda dapat menurunkan kolestrol sebanyak 5% apabila mengkonsumsi sekitar 1-2 Ons kacang-kacangan dalam sehari.


  • Makanan yang mengandung kacang kedelai

Mengkonsumsi makanan seperti susu kedelai, tahu, puding kedelai tanpa gula, kacang edamame akan dapat mengurangi kolestrol dalam darah karena kandungan proteinnya tinggi. Jika Anda mengkonsumsi 0,5 Ons dalam sehari bisa mengurangi kolestrol Anda sekitar 6%.


  • Beras Coklat

Beras coklat mempunyai lebih banyak nutrisi serta kaya akan serat dibandingkan dengan beras putih. Adapun kandungan serat inilah yang mampu membantu menurunkan kolestrol dalam darah.


  • Alpukat

Dengan kandungan lemak tak jenuh nya Alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolestrol Anda. Yakni dengan mengkonsumsi alpukat dalam bentuk buah (bukan dalam bentuk jus yang telah di campur susu dan gula). Namun penderita kolestrol tinggi diharuskan membatasi asupan lemak jenuh. Dan batas asupan lemak jenuh pada pria adalah 30 gram, sementara pada wanitta adalah 20 gram.


  • Makanan yang diperkaya lemak tak jenuh

Menjaga asupan lemak tak jenuh harian di bawah 30g(pria) dan 20g(wanita) sangat penting dalam menurunkan kolestrol. Anda dapat mengganti lemak tidak jenuh dengan jagung, minyak sayur, biji-bijian dan kacang-kacangan. Akan tetapi Anda harus menghindari minyak kelapa sawit dan minyak kelapa karena jenis minyak nabati ini tinggi lemak jenuh.


  • Ikan dan Asam lemak Omega-3

Ikan seperti tuna, salmon, tongkol, dan sarden memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Omega 3 memang tidak mempunyai pengaruh pada kadar kolestrol jahat (LDL), tapi mampu menurunkan risiko terbentuknya bekuan darah. Untuk itu, konsumsilah setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Selain itu, Omega 3 juga dapat mengurangi kemungkinan terkena kematian mendadak karena penyakit jantung serta mengurangi kadar trigliserida dalam darah.

Setiap makanan yang telah kami jelaskan di atas akan memberikan manfaat tersendiri, namun perubahan gaya hidup juga membantu dalam menurunkan kolestrol tinggi. Untuk itu, selain merubah pola makan, juga perlu dibarengi dengan olahraga secara rutin, menjaga berat badan ideal, serta tidak merokok.

Itulah informasi terkait makanan sehat untuk penderita kolestrol ini semoga dapat membantu menurunkan kadar kolestrol tinggi Anda. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment