Wednesday, September 19, 2018

Tips Hidup Sehat Agar Terhindar Dari Penyakit

Dalam menjaga kualitas hidup, tentu sangatlah penting mejalani pola hidup yang sehat. Karena dengan pola hidup yang sehat dapat menjaga daya tahan tubuh dalam melawan penyebab penyakit. Terdapat beberapa tips hidup sehat yang mudah dilakukan, namun sangat bermanfaat bagi kesehatan. Simak ulasannya di bawah ini.

Hidup sehat itu tidak hanya terbebas dari gangguan kesehatan atau penyakit, namun juga berada dalam keadaan yang sehat secara utuh. Yakni baik pada kondisi fisik, mental atau psikis, hingga kesejahteraan sosial. Menjalani tips hidup sehat yang tepat dapat mencegah penyakit serta dapat mendukung kesehatan mental Anda. Untuk itu, ada baiknya tips tersebut menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari.

Beragam Tips Hidup Sehat


Mengendalikan berat badan


Tips pertama dalam hidup sehat ialah menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini dapat mencegah Anda dari risiko diabetes, penyakit jantung, bahkan beberapa jenis kanker. Akan tetapi apabila Anda sudah memiliki berat badan yang berlebih, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai program diet yang aman dan tepat.


Terapkan pola makan sehat


Tips hidup sehat yang paling penting adalah menjaga pola makan. Salah satu makanan yang diyakini memiliki manfaat dalam mencegah penyakit tertentu yaitu biji-bijian utuh. Seperti oatmeal, sereal, dan gandum. Jenis makanan ini mempunyai kandungan asam folat, selenium, serta vitamin B yang berperan penting untuk kesehatan jantung, mengurangi resiko terkena diabetes, juga dapat mengontrol berat badan. Ada pula beragam jenis sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan telur dapat ikut membantu kesehatan tubuh. Supaya tidak bosan, Anda dapat membuat variasi dari kombinasi beragam jenis makanan sehat ini setiap harinya.


Rutin berolahraga dan selalu bergerak aktif


Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan, namun terdapat jenis olahraga ringan yang memiliki banyak manfaat yaitu berlari. Penelitian mengungkapkan bahwa olahraga lari dapat meningkatkan keseimbangan dan memperkuat tulang dan juga  sendi. Adapun pilihan olahraga lainnya seperti berenang, senam aerobik, atau berjalan bisa Anda lakukan. Lakukanlah secara rutin dan berkelanjutan, minimal 15-30 menit dalam setiap harinya.


Kendalikan tekanan darah


Mengendalikan tekanan darah merupakan tips hidup sehat yang juga penting untuk diperhatikan. Menjaga tekanan darah dapat membantu mencegah kerusakan pada dinding arteri. Anda dapat mememriksa tekanan darah secara teratur ke dokter atau rumah sakit.


Menjaga suasana hati serta kendalikan stres


Selain merupakan pemicu utama masalah psikis seperti depresi, stres juga bisa mengganggu metabolisme dan daya tahan tubuh. Karena itu, demi mencapai hidup sehat, Anda disarankan untuk menjaga suasana hati serta meluangkan waktu untuk bersantai, walau hanya melalui relaksasi sederhana di rumah. Memperbaiki suasana hati juga dapat dilakukan dengan melakukan aktivitas sosial dengan teman, saudara, atapun komunitas.


Menghindari rokok dan alkohol


Terlalu banyak konsumsi alkohol diyakini bisa berisiko mengalami berbagai efek buruk pada kesehatan. Mulai dari penyakit ginjal, hati, hingga beragam jenis kanker. Begitu pula dengan merokok yang dapat menjadi pemicu banyak risiko penyakit, mulai dari penyakit pernapasan, kardiovaskular, dan kanker.

Anda bisa melengkapi berbagai cara hidup sehat di atas dengan melakukan imunisasi sesuai jadwal, sehingga tubuh semakin terlindung dari berbagai penyebab penyakit.

Tips hidup sehat agar terhindar dari penyakit yang telah kami sampaikan diatas dapat Anda terapkan dalam keseharian. Semoga bisa bermanfaat untuk kesehatan Anda dan keluarga.

No comments:

Post a Comment