Monday, September 10, 2018

Kandungan Nutrisi Nasi Putih Serta Fungsinya Bagi Tubuh

Tahukah Anda, bahwa dalam satu cangkir nasi putih terdapat berbagai macam kandungan nutrisi yang besar manfaatnya bagi kesehatan tubuh ?

Nasi putih memang makanan yang tidak asing bagi bangsa Asia, karena nasi merupakan makanan pokok yang hampir tidak pernah terlewatkan dengan variasi olahan yang berbeda-beda disetiap wilayahnya. Misalnya Indonesia memiliki nasi goreng, Jepang memiliki sushi, dan di Korea memiliki bibimbap.

Dalam piramida makanan, nasi termasuk pada kelompok yang harus dikonsumsi tubuh setiap hari, yaitu biji-bijian (grains). Hal ini karena tubuh membutuhkan banyak nutrisi dan semua itu tidak dapat diperoleh hanya dari satu sumber makanan saja. Selain biji-bijian, tubuh juga memerlukan nutrisi yang ada pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Setelah ketiga bahan ini terpenuhi, piramida makanan Anda dapat dilengkapi dengan telur, daging, kacang-kacangan, produk olahan susu, serta kelompok lemak, minyak, dan gula dalam jumlah yang cukup.

Fakta Nutrisi, Kalori Nasi Putih Dan Manfaatnya



Sebelum mulai menata ulang pola makan dan pilihan makanan sehat yang hendak dikonsumsi sehari-hari, ada baiknya Anda kenali lebih jauh mengenai kalori nasi putih dan kandungan nutrisinya. Dengan demikian, Anda dapat melanjutkan dan menambah sisa nutrisi yang memang diperlukan oleh tubuh.

Satu cangkir nasi atau sebanyak 158 gram, rata-rata mengandung:
  • Air 108,14 gram
  • Energi (kalori) 205 kkal
  • Protein 4,25 gram
  • Total lipid (lemak) 0,44 gram
  • Karbohidrat 44,51 gram
  • Serat 0,6 gram
  • Gula 0,08 gram
  • Mineral  162,67 mg
  • Vitamin 2,911 mg

Adapun beberapa mineral dan vitamin yang terdapat dalam takaran ini antara lain zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, sodium, kalium, thiamin, seng, riboflavin, niasin, folat, vitamin B-6, Vitamin E, serta asam lemak tak jenuh tunggal dan tek jenuh ganda.

Nasi putih yang utuh mempunyai serat yang lebih rendah bila dibandingkan dengan nasi yang dimasak dari beras campuran (biji-bijian utuh). Pada nasi yang dimask dari beras campuran, takaran saji nasi putih bercampur dengan biji-bijian dari jenis lain, sehingga terdapat lebih banyak serat dan kandungan karbohidratnya lebih sedikit. Jenis nasi ini akan cocok bagi Anda yang sedang mencoba diet untuk emngurangi berat badan. Semua nutrisi dari beras campuran ini akan memberikan manfaat yang berbeda-beda bagi tubuh, diantaranya:
  • Dapat meningkatkan jumlah bekteri baik yang akan melindungi dinding usus.
  • Membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga turut mengendalikan selera makan atau ngemil.
  • Dapat menjaga berat badan tubuh yakni sebagai bagian dari diet dan juga gaya hidup sehat.
  • Bisa mengurangi resiko berkembangnya kaknker pada saluran pencernaan.
  • Nasi yang dimasak dari campuran atau beras coklat diduga dapat mengurangi kolestrol, menurunkan risiko terkena serangan jantung, stroke, dan diabetes tipe-2.

Agar setiap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tetap terjaga keseimbangannya, jumlah asupan nutrisi pun dianjurkan mengikuti angka kecukupan gizi harian yang ditentukan bagi setiap rentang usia dan jenis kelamin. Yaitu pada pria dewasa sekitar 2.200 kalori bisa juga ditingkatkan hingga 2.800 kalori sesuai aktivitas masing-masing yakni semakin berat aktivitas fisik maka kebutuhan kalori akan semakin tinggi.

Besaran porsi nasi yang dianjurkan untuk memenuhi satu takaran saji adalah setengah cangkir (125 gram). Sementara total takaran saji harian nasi yang dianjurkan adalah 6 takaran atau 6 dikalikan 125 gram. Takaran ini berlaku untuk anak dengan usia 2-6 tahun, dan perempuan juga lansia yang mempunayi total angka kecukupan gizi harian sebesar 1.600 kalori.

Untuk mencapai kebutuhan energi dan gizi yang seimbang, tidak dapat terpenuhi dari nasi putih saja. Tentunya tubuh akan memerlukan asupan gizi lain yang dapat diperoleh dari sayur, buaj, atau sumber makanan hewani seperti telur, ikan, daging, dan susu untuk mendapatkan manfaat nutrisi yang optimal.

itulah informasi mengenai kandungan nutrisi nasi putih serta fungsinya bagi tubuh yang bisa kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment