Friday, September 7, 2018

Jangan Remehkan Manfaat Air Putih

Tahukah Anda? Ternyata minum air putih mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan yang tidak bisa diremehkan. Air putih bermanfaat untuk mencegah dehidrasi tubuh, dapat menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan sendi.

Berbeda dengan minuman jenis lainnya, seperti soft drink yang tergolong tinggi gula dan juga kalori sehingga bisa menambah berat badan Anda. Adapun minuman berenergi yang sering dipilih sebagai sumber cairan juga harus sangat dipertimbangkan, karena mengandung gula dan kafein. Demikian pula dengan minuman jus buah kemasan, perhatikanlah label produknya sebelum Anda akan mengkonsumsinya.

Manfaat Air Putih Yang Luar Biasa



Pentingnya Air Putih


Air putih yang bebas kalori dan gula adalah pilihan tepat untuk menjaga tubuh agar tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus dapat mengatasi rasa hauskapan saja. Selain itu, manfaat minum air putih juga akan membantu beragam fungsi tubuh, diantaranya:
  • Mencegah dehidrasi dan menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan fungsi dalam pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, serta penting untuk mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  • Dapat membantu memberikan energi pada otot juga melumasi sendi-sendi supaya tetap lentur. (Ketidakseimbangan cairan dalam tubuh bisa memicu kelelahan pada otot).
  • Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih dapat lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan.
  • Akan melindungi saraf tulang belakang juga jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
  • Dapat menjaga kesegaran kulit. Sehingga tidak terlihat kering dan berkerut.
  • Membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine, dan kotoran.


Takaran Normal Minum Air Putih agar Tidak Kekurangan Cairan


Kebutuhan cairan pada setiap orang berbeda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih disarankan sekitar 8 gelas berukuran 230 ml atau total 2 liter.

Cairan tubuh juga bisa didapat dari makanan, yaitu sekitar 20%. Cairan ini banyak diperoleh dari buah dan sayur. Seperti bayam dan semangka yang mengandung 90% air.

Cara mudah untuk mengetahui apakah tubuh kekurangan cairan adalah dengan mengetahui tanda awal yang umumnya akan dirasakan saat seseorang kekurangan cairan. Yaitu merasa haus dan urine berwarna lebih gelap dari biasanya.

Gejala lain yang mungkin akan dirasakan juga saat tubuh tidak terhidrasi dengan baik maka akan merasa pusing, sakit kepala, bibir, mulut dan mata terasa kering, buang air kecil dengan jumlah dan intensitas yang jarang, kurang energi, serta akan mudah lelah.

Hal penting untuk diperhatikan adalah beberapa kondisi dan aktivitas khusus yang akan membuat tubuh jadi membutuhkan lebih banyak asupan air dibandingkan biasanya, antara lain:
  • Berolahraga atau aktif secara fisik.
  • Cuaca yang panas.
  • Mengalami diare, demam dan muntah-muntah.
  • Hamil dan menyusui. Pada wanita hamil disarankan minum air putih sebanyak 2,4 liter perhari, sementara untuk wanita yang menyusui di sarankan sekitar 3,1 liter perhari.


Tips Memenuhi Kebutuhan Air Putih Setiap Hari


Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memperoleh manfaat minum air putih, yaitu:
  • Mencoba untuk membiasakan minum air putih di setaiap waktu makan atau saat mengkonsumsi camilan.
  • Sediakan gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang Anda bawa saat beraktifitas setiap hari. Dengan begitu, Anda akan selalu teringat untuk mengkonsumsinya.
  • Anda juga dapat menambahkan rasa pada air putih agar terasa lebih enak. Salah satunya dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pada minuman infused water.

Selain itu, ada beberapa ketentuan air minum yang layak dan aman untuk dikonsumsi menurut Kementerian Kesehatan RI, yakni air yang tidak memiliki rasa, bau atau warna, tidak mengandung bakteri, dan tidak mengandung bahan kimia melebihi batas yang diperbolehkan.

Untuk itu, jangan lupa memastikan air minum layak dikonsumsi dan memenuhi standar kesehatan. Agar terhindar dari penyakit akibat meminum air yang terkontaminasi. 

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan mengenai manfaat air putih yang tidak dapat di remehkan. Semoga dapat bermanfaat untuk kesehatan Anda dan seluruh keluarga. Dan dapatkan manfaat minum air putih bagi kesehatan dengan mengonsumsi air putih secara rutin setiap hari, dan lengkapi dengan pola hidup yang sehat.

No comments:

Post a Comment