Sunday, December 30, 2018

Fakta Bahaya Radiasi Handphone

Saat ini ketergantungan pengguna handphone (HP) semakin tinggi, seiring dengan peningkatan penjualan produk setiap tahunnya. Namun, bahaya radiasi HP yang bisa menyebabkan risiko kesehatan semakin banyak dipertanyakan.

Ini Fakta Sebenarnya Mengenai Radiasi HP



Perkiraan alasan utama bahaya radiasi HP ialah yang dinilai dapat memicu kanker. Namun hal ini tidak didukung dengan bukti ilmiah. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Paparan terhadap radiasi hp, sampai saat ini belum mempunyai bukti ilmiah yang memastikan bisa meningkatkan risiko kanker. Adapun satu-satunya efek radiasi elektromagnetik yang bisa dibuktikan adalah peningkatan panas pada beberapa bagian tubuh (misalnya kepala dan telinga) yang dekat dengan HP ketika digunakan. Akan tetapi, seberapa tinggi kenaikan suhu tubuh dari radiasi tersebut juga belum bisa diteliti dengan jelas.

Selain itu, terdapat kelompok peneliti yang melaporkan bahwa terjadi peningkatan risiko tumor otak pada sisi kepala yang banyak digunakan untuk menelepon. Walau demikian, sulit untuk memastikan hal tersebut. Hal ini karena masih banyak juga penelitian lain yang muncul dengan hasil yang berbeda.

Namun, sebagian peneliti mencurigai adanya resiko lebih tinggi pada anak-anak dari radiasi yang dihasilakan oleh HP, jika dibandingkan dengan orang tua. Hal ini disebabkan adanya penyerapan radiasi yang lebih tinggi pada anak karena beberapa faktor, seperti jaringan otak, tengkorak kepala dan ukuran tubuh yang berbeda. Demikian juga janin yang dianggap lebih rentan terhadap paparan radiasi terutama pada otak. Untuk itu, sejumlah negara memberikan peringatan khusus mengenai penggunaan HP dan perangkat elektronik nirkabel lain untuk anak-anak, yaitu jarak penggunaan HP dan perangkat nirkabel yang ditetapkan minimal 20 cm dari tubuh anak-anak.

Meminimalkan Paparan Radiasi

Hingga kini, penelitian harus terus dilakukan tentang kemungkinan bahaya radiasi HP sebagai pemicu kanker. Walau belum bisa dibuktikan, tidak ada salahnya jika Anda mencoba meminimalkan paparan radiasi dengan membatasi penggunaan HP. Berikut ini juga merupakan cara yang bisa dilakukan antara lain:

  • Gunakan HP seperlunya dan batasi memainkan HP terutama ketika berinteraksi dengan orang lain.
  • Saat sedang menelpon, ada baiknya gunakan alat tambahan seperti handsfree atau speaker untuk menjaga jarak ponsel Anda dengan kulit kepala.
  • Ketika Anda tengah menggunakan layanan streaming atau mengunduh file besar, maka jauhkan HP dari tubuh Anda.
  • Ketika bepergian, disarankan agar meletakan HP didalam tas dan jangan letakan HP disaku celana atau baju. Sebab antena ponsel Anda tetap terhubung dan memancarkan energi radio frequency (RF), meski Anda tidak menggunakannya.


Hal terpenting dalam mengurangi paparan radiasi HP pada anak-anak ialah dengan memberikan mereka batasan dalam menggunakan HP, agar dapat menekan risiko kesehatan yang terjadi dan juga mencegah menggunakn HP berlebihan.

Kemajuan teknologi pada HP menjadikannya sangat membantu beragam aktivitas. Akan tetapi, disarankan tetap menggunakan HP secara tidak berlebihan, untuk menekan risiko bahaya radiasi HP yang bisa memicu gangguan kesehatan.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai fakta tentang bahaya radiasi HP. Semoga dapat bermanfaat.  

No comments:

Post a Comment