Sunday, December 30, 2018

Tidur Lebih Nyenyak Dengan Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Ini

Tidur yang berkualitas mempunyai banyak manfaat, seperti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegahpenyakit kronis, juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk tidak mengabaikan tidur yang kurang berkualitas.

Saat ini bagaimana kualitas tidur Anda? Apakah sering terbangun atau merasa kurang nyenyak saat tidur malam? Jangan khawatir yah, sebab terdapat banyak cara yang bisa meningkatkan kualitas tidur Anda. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman tertentu.

Ini Makanan dan Minuman yang Bisa Membantu Tidur Lebih Nyenyak




Sebelum pembahasan lebih lanjut mengenai makanan dan minuman yang dapat membantu tidur lebih nyenyak, sebaiknya kenali terlebih dahulu tanda tidur yang tidak nyenyak berikut.

Tanda-tanda Tidur Tidak Nyenyak

Ada sejumlah hal yang bisa menandakan kamu mengalami gangguan tidur atau tidur Anda kurang berkualitas yakni:

  • Anda membutuhkan waktu lebih dari 30 menit untuk dapat tertidur
  • Tidur terlalu lama maupun tidur kurang dari 8 jam
  • Terbangun lebih dari sekali di malam hari
  • Sering terbangun dari tidur selama 20 menit atau lebih


Cara agar tidur lebih nyenyak bisa dengan menciptakan suasana tidur yang nyaman, menghindari meletakkan gadget di kamar, dan mengelola stres.

Selain itu, makanan atau minuman yang kaya akan nutrisi, seperti omega-3, vitamin B, vitamin D, karbohidrat, protein, dan melatonin bisa mempengaruhi kualiatas tidur Anda.

Makanan dan Minuman untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, ada baiknya hindari konsumsi makanan atau minuman secara berlebih minimal 2-3 jam sebelum tidur. Hal ini bisa meningkatkan risiko nyeri ulu hati dan insomnia yang bisa mengakibatkan tidur kurang berkualitas.

Beberapa makanan dan minuman yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur, adalah:


  • Nasi Putih

Di dalam nasi putih, terdapat kandungan karbohidrat yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Namun, tetap batasi jumlah porsinya ya.


  • Ikan

Ikan mengandung omega-3 dan vitamin D yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Contoh ikan yang bisa meningkatkan kualitas tidur adalah tuna, salmon dan makarel.


  • Almond

Jenis kacang yang terasa nikmat saat dikonsumsi dalam coklat ini, juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Kandungan magnesium pada almond mampu meningkatkan kualitas tidur, terutama bagi Anda yang menderita insomnia.


  • Buah-buahan

Buah yang mengandung melantonin seperti kiwi, pisang, jeruk dan nanas memiliki manfaat untuk mening,katkan kualitas tidur. Biasanya untuk Anda yagn mengalami gangguan tidur insomnia, bisa dengan mengkonsumsi 2 buah kiwi sebelum tidur untuk membuat tidur lebih berkualitas.


  • Teh chamomile

Selain dapat mengurangi resiko penyakit kanker dan jantung, ternyata dengan konsumsi teh chamomile sebelum tidur juga akan membuat tubuh Anda lebih rileks yang kemudian bia menjadikan tidur lebih berkualitas.


  • Susu

Banyak yang telah mengetahui bahwa susu mengandung triptophan dan melatonin yang juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur orang dewasa. Jadi, tidak ada salahnya membiasakan minum susu dengan air hangat sebelum tidur.

Selain itu, hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein dan terlalu banyak gula sebelum tidur, sebab dapat mengganggu kualitas tidur.

Apabila cara-cara di atas sudah dilakukan, namun tetap merasa lelah meskipun sudah tidur lama, sering mengalami susah tidur, sering mendengkur, dan kurang konsentrasi ketika beraktivitas, disarankan untuk melakukan pemeriksaan agar bisa mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Untuk artikel kesehatan lainnya klik disini. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment