Tuesday, March 5, 2019

Inilah penyebab Sakit Kepala Menjelang Akhir Haid

faniujangherbal.blogspot.com - Ada banyak wanita yang mengaku bahwa mereka sering mengalammi sakit di kepala pada akhir masa menstruasi. Nah, apakah kamu termasuk salah satu orang yang mengalaminya? Cari tahu penyebabnya sekaligus cara pencegahannya di ulasan ini yah..

Penyebab Sakit Kepala Di Akhir Haid




Apabila kamu sering mengalami sakit kepala menjelang akhir menstruasi, kamu tidaklah sendiri. Di ketahui bahwa sekitar 60% wanita, ternyata mengalami sakit kepala yang sering muncul ketika menstruasi akan berakhir atau sebaliknya, di awal menstruasi. Dan berikut ini merupakan penyebabnya.

Umumnya sakit kepala terjadi saat muncul perubahan tekanan di sekitar saraf. Sinyal rasa sakit ini kemudian dikirim ke otak, sehingga menyebabkan sakit kepala yang terasa berdenyut-denyut.

Sakit kepala yang terjadi menjelang masa menstruasi umumya bisa disebabkan 2 hal berikut ini.

  • Ketidakseimbangan hormon


kadar hormon esterogen dan progesteron yang berubah-ubah ketika menstruasi, bisa memicu sakit kepala yang dirasakan menjelang akhir menstruasi. Pada sebagian wanita, hal ini dapat menyebabkan sakit kepala. Keadaan ini bisa di tandai dengan mual dan muntah, tekanan yang terasa sakit di belakang mata, kepala terasa sakit berdenyut, serta sensitif mudah terganggu oleh suara dan cahaya terang.

  • Rendahhnya kadar zat besi dalam darah


Ketika menstruasi, jaringan dan darah di dalam rahim akan meluruh ke vagina. Pada sejumlah wanita, aliran darah menstruasi ini bisa menjadi sangat tinggi. Keadaan ini menyebabkan mereka lebih berisiko mengalami kekurangan zat besi di kahir masa menstruasi sehingga tubuh tidak dapat menghasilkan cukup sel darah merah. Situasi ini di sebut juga dengan anemia defisiensi besi.

Apabila di perlukan, kamu dapat memeriksa diri ke dokter untuk mengetahui secara pasti yang menjadi alasan atau penyebab sakit kepala yang dialami. Biasanya sakit kepala akibat anemia karena kekurangan zat besi, lebih mudah ditangani dari pada yang di akibatkan perubahan hormon..

Pencegahan Sekaligus Cara Mengatasi Sakit Kepala di Akhir Haid


Pada umumnya apabila kamu telah beristirahat dengan cukup, sakit kepala akan reda dengan sendirinya. Namun selain itu, kamu bisa menanganinya sendiri dengan sejumlah cara di bawah ini.

Mengonsumsi suplemen atau makanan tertentu

Apabila mengalami sakit kepala hormonal, kamu mungkin memerlukan obat yang diresepkan oleh dokter seperti suplemen berisi vitamin dan mineral atau hormon pil KB. Sedangkan, sakit kepala kerena kekurangan zat besi bisa ditangani dengan mengonsumsi suplemen zat besi dan mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti kerang, bayam, kacang-kacangan, dan daging merah.

Berbaring dan istirahat 

Saat sakit kepala menyerang, sebisa mungkin cobalah untuk istirahat di dalam ruangan yang tenang, sejuk, dan gelap. Ambil nafas dalam dan lakukan latihan relaksasi. Selain itu, kamu juga dapat menempatkan kompres dingin di kepala, untuk meredakan sakit kepala yang tengah dialami.

Konsumsi obat-obatan

Sakit kepala menjelang akhir haid bisa ditangani juga dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Apabila kamu seorang pengguna pil KB, maka kemungkinan dokter akan merekomendasikan jenis pil KB yang mengandung lebih sedikit estrogen.

Mengelola Stres

Dalam jangka panjang, mengurangi dan mengelola stres merupakan langkah penting untuk mencegah sakit kepala menstruasi datang kembali. Hal ini bisa dilakukan antara lain dengan olahraga teratur untuk meningkatkan kadar endorfin, yaitu hormon bahagia yang bisa mengurangi rasa sakit dengan cara alami.

Jalankanlah berbagai hal di atas untuk mengatasi sakit kepala menjelang akhir haid. Akan tetapi, apabila sakit kepala yang kamu alami terus menerus atau semakin parah, ada baiknya segera lakukan pemeriksaan agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment