Friday, March 1, 2019

Mengapa Berat Badan Naik Drastis Dalam Semalam?

Faniujangherbal.blogspot.com - Bagi beberapa orang berat badan dapat menjadi satu hal yang sangat sensitif. Terutama bagi mereka yang sedang berusaha diet untuk menurunkan beberapa angka. Dan bukanlah hal yang mustahil jika mengalami kenaikan berat badan secara dratis hanya dalam waktu yang singkat.

6 Alasan Berat Badan Bisa Naik Drastis dalam Semalam




Ketika Anda telah melakukan diet selama beberapa bulan. Kemudian terdapat satu akhir pekan yang dihabiskan untuk makan sepuasnya, hingga berat badan naik secara drastis. Apakah Anda memang pernah mengalaminya? Tidak usah khawatir, dilansir dari self.com. Berikut ini merupakan sejumlah alasan berat badan dapat naik drastis dalam semalam. Penasaran? Inilah informasinya.

1. Mengonsumsi lebih banyak natrium dari pada biasanya


Tubuh bisa menahan air berlebih karena asupan natrkiu. Dan saat Anda mengonsumsi natrium lebih banyak dari biasanya, maka tubuh akan menahan lebih banyak air.

Sejumlah orang lebih sensitif terhadap hal ini, mengalami fluktuasi berat badan lebih drastis. Dehidrasi ringan juga bisa menyebabkan tubuh menahan cairan.

Apabila alasannya disebabkan oleh natrium, maka minum banyak air bisa membantu untuk membuang cairan dan membersihkan kelebihan natrium. Kenaikan berat badan ini juga biasanya hanya akan berlangsung selama 24-48 jam, tergantung dengan seberapa cepat ginjal membuang kelebihan air dari tubuh.

2. Tidak rajin buang air kecil


Pada tubuh yang tidak efektif membersihkan makanan yang dikonsumsi akan membutuhkan waktu lebih lama dalam memberikan ruang kosong. Ini dapat menyebabkan sedikit kelebihan berat badan, dari pada tubuh yang efektif rajin membersihkan makanan yang dikonsumsi.

3. Menimbang diri sendiri dengan waktu dan hari yang berbeda


Berat badan dapat naik di malam hari. Sebagian hal ini terjadi oleh garam yang dikonsumsi atau karena makanan yang dikonsumsi belum sepenuhnya dicerna dengan tubuh. Apabila ingin mendapatkan berat badan yang akurat, timbang diri sendiri dengan tubuh telanjang tepat sasudah bangun tidur.

4. Menstruasi


Meningkatnya retensi cairan bisa terjadi karena menstruasi. Adapun kenaikan berat badan yang berhubungan dengan menstruasi umumnya dimulai 5-7 hari sebelumnya dan akan hilang pada hari ke-3 atau 4.

5. Karbohidrat


Konsumsi karbohidrat sehat memang lebih baik dilakukan dengan jumlah sedikit. Akan tetapi, mengonsumsinya terlalu banyak melebihi kebutuhan kalori bisa meningkatkan penyimpanan lemak dan retensi air.

6. Mengonsumsi pil atau minum obat yang menyebabkan retensi cairan


Sejumlah obat mempunyai efek samping yang potensial dalam meningkatkan berat badan. Kebanyakan disebabkan oleh perubahan hormon yang membuat nafsu makan meningkat dan mengonsumsi lebih banyak kalori.

Akan tetapi, sejumlah obat seperti steroid akan menyebabkan retensi air. Menghasilkan penambahan berat badan karena cairan dalam tubuh. Fluktuasi umumnya lebih besar disebabkan oleh retensi air berbasis diet.

Demikianlah informasi alasan berat badan naik dengan semalam. Semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment