Saturday, March 2, 2019

Manfaat buah pir yang menyehatkan tubuh

Manfaat Buah - faniujangherbal.blogspot.com - Apaakh Anda termasuk penggemar dari buah pir? Buah yang memiliki rasa manis renyah ketika digigit ini memang sangat nikmat untuk dijadikan camilan sore. Tidak hanya itu, dibalik kelezatan rasanya ini buah pir juga menyimpan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan.

7 Kebaikan Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh




Pear atau pir adalah buah spesies tumbuhan pyrus communis yang juga termasuk pada anggota keluarga dari tumbuhan rosaceae.

Buah pir tumbuh di negara Asia dan Eropa. Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah pir adalah berupa vitamin A, vitamin E, niasin, kolin, kalsium, betain, asam pantotenat, selenium, seng, fosfor, dan zat besi.

1. Mengandung Antioksidan


Pir mempunyai efek antioksidan glutathione dan anti kanker yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Glutathione adalah antioksidan yang bisa membantu mencegah kanker, stroke, dan tekanan darah tinggi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Institute, diketahui bahwa mengonsumsi pir segar setiap hari bisa menunjukan efek positif pada kemampuan tubuh untuk mencegah pertumbuhan kanker, mengurangi peradangan, dan menjaga tubuh pada kadar PH yang seimbang.

Manfaat buah pir juga bagus untuk mengurangi kadar lemak lipid di dalam darah.

2. Sumber Vitamin C yang tinggi


Dengan kandungan buah pir yang tinggi, buah pir dapat mendukung kekebalan tubuh. Sehingga kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik. Selain itu, ternyata di dalam buah pir juga terdapat 12% kebutuhan vtamin C harian yang Anda butuhkan.

Vitamin C pada buah pir ini mengandung zat antioksidan kuat yang mampu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dan stres oksidatif. Vitamin C juga bermanfaat sebagai pelindung sel DNA, menghentikan mutasi sel, menjaga metabolisme yang sehat, dan memperbaiki jaringan yang rusak di dalam tubuh.

3. Baik Untuk Kulit


Kandungan vitamin C yang ada pada buah pir juga ternyata sangat baik untuk kulit yang menjadi bagian terluar dari tubuh Anda. Adapun dengan mengkonsumsi vitamin C dan antioksidan tinggi yang ada pada buah pir ini akan membantu meningkatkan kelembapan kulit terhadap inveksi. Tidak hanya itu, antioksidan dalam buah ini mempunyai efek anti-penuaan dan pembaharuan sel di dalam kulit.

4. Mengandung Banyak Serat yang Baik


Umumnya buah pir yang mempunyai ukuran sedang mengandung serat sebanyak 5 gram. Dengan konsumsi buah pir dapat menjadi salah satu cara Anda untuk memenuhi kebutuhan serat harian tubuh. Kandungan serat ini juga akan berperan penting dalam menjaga kadar gula darah yang sehat.

Bukan hanya serat biasa, ternyata buah pir juga mengandung serat pektin yang larut dalam air. Serat pektin ini berfungsi penting untuk membantu menurunkan tingkat kolestrol dalam tubuh dan meningkatkan sistem pencernaan Anda.

5. Mencegah Sembelit


Buah pir sangat bagus untuk mencegah atau mengobati masalah pencernaan dengan kandungan seratnya yang tinggi. Selain itu, serat pektin pun juga di anggap sebagai zat diuretik alami yang mempunyai efek pencahar tingkat ringan.

Jika Anda mengalami sembelit, cobalah makan 1 atau 2 buah pir dalam sehari. Anda juga dapat menambahkan potongan pir ke dalam campuran smoothie untuk membantu melancarkan pergerakan usus, mencegah retensi air di dalam tubuh, dan mengurangi rasa kembung.

6. Membantu Mencegah Diabetes


Di dalam buah pir terdapat kandungan flavoloid yang disebut-sebut menjadi kunci untuk mencegah dan mengobati diabetes. Hal ini di dukung dengan sebuah penelitian dari Center for Disease Control and Prevention yang diikuti oleh lebih dari 9.600 orang dewasa berusia 25-74 selama sekitar 20 tahun.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa peserta yang makan lima porsi buah dan sayuran setiap hari, secara signifikan risiko pembentukan diabetesnya berkurang. Buah pir juga dianggap buah rendah indeks glikemik yang baik untuk gula darah. Satu porsi pir mengandung sekitar 26-28 gram karbohidrat.

7. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang


Khasiat buah pir lainnya ialah dapat menjaga kesehatan tulang, sebab buah pir mengandung vitamin K dan zat boron. Adapun saat tubuh kekurangan vitamin K bisa meningkatkan risiko penyakit tulang seperti osteporosis.

Nutrisi lainnya dalam buah pir seperti vitamin K, kalsium, magnesium dan fosfor, bekerja bersama untuk mencegah kerusakan tulang. Bahkan, sejumlah ahli menganggap vitamin K berpotensi sebagai nutrisi terpenting untuk melawan osteoporosis.

Sementara zat boron mempunyai fungsi penting untuk membantu menjaga tulang tetap kuat dengan menambah kepadatan mineral, mencegah osteoporosis, mengobati kondisi peradangan, seperti radang sendi, dan meningkatkan kekuatan pada massa otot.

Ada banyak ahli kesehatan yang menganggap boron sebagai bagian penting dalam mencegah gangguan tulang akibat bertambahnya usia.

Inilah informasi mengenai manfaat buah pir yang menyehatkan tubuh. Semoga apa yag telah kami sampaikan dapat bermanfaat untuk Anda.

No comments:

Post a Comment