Tuesday, March 5, 2019

Manfaat Udang Sesuai Kandungan Nutrisinya

Faniujangherbal.blogspot.com - Udang termasuk pada makanan boga bahari atau juga sering dikenal dengan seafood. Dengan beragam kandungan nutrisinya yang baik, salah satunya ialah udang merupakan sumber protein yang penting dalam pembentukan sel-sel tubuh. Tidak hanya itu, ternyata udang mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan, termasuk juga untuk mencegah penyakit.

Mengenali Beragam Manfaat Udang




Apabila dibandingkan dengan makanan laut lainnya, kandungan merkuri yang di dapat pada udang juga tergolong rendah, sehingga aman untuk di konsumsi asalkan tidak berlebihan.

Protein untuk membentuk sel tubuh


Protein merupakan komponene yang sangat diperlukan untuk membentuk sel-sel tubuh. Selain itu, protein juga bermanfaat untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta memproduksi enzim, hormon dan zat kimiawi pada tubuh lainnya. Dengan itu, protein tidak di simpan tubuh dan sangatlah penting agar kita selalu mencukupi asupan protein setiap hari.

Yodium untuk mendukung produksi hormon


Kandungan yodium sangat berperan penting dalam tubuh, terutama untuk mendukung kinerja kelenjar tiroid di dalam memproduksi hormon. Adapun saat tubuh kekurangan yodium, bisa memicu penyakit gondok, ketidaksuburan, penyakit autoimun dan meningkatkan risiko beberapa jenis kanker. Sumber utama yodium bisa diperoleh dari garam, namun rumput laut dan udang juga bisa dikonsumsi untuk memperoleh asupan yodium.

Asam lemak omega-3 untuk menekan risiko sakit jantung


Pada umumnya, kadar asam lemak omega-3 di dalam udang sangat tinggi. Hal ini akan sangat menguntungkan sebab omega-3 diperkirakan bisa membantu menurunkan risiko sakit jantung dengan cara menekan kadar trigliserida. Makanan lainnya yang kaya akan asam lemak omega-3 ialah ikan sarden, ikan salmon, dan ikan kembung.

Kalsium untuk tulang, gigi dan kinerja tubuh lain


Udang juga mengandung kalsium yang dapat bermanfaat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa kandungan kalsium memiliki manfaat dalam membantu mengatasi kondisi tekanan darah tinggi, sindrom premestruasi, dan juga kenaikan berat badan. Adapun asupan kalsium yang dibutuhkan setiap hari yaitu 1000-2000 miligram untuk usia 10 tahun ke atas.

Antioksidan untuk mengurangi peradangan


Kandungan antioksidan dalam udang seperti selenium bisa mencegah kerusakan sel dan penuaan dini akibat radikal bebas. Selain itu, udang juga memiliki kandungan antioksidan astaxanthin yang mampu membantu mengatasi peradangan.

Manfaat udang dari beragam nutrisinya sangatlah banyak, namun ada hal yang perlu Anda perhatikan yaitu kandungan kolestrol yang tergolong tinggi pada udang yang bisa mencapi 250 miligram pada setiap 100 gram udang. Karena itu, bagi penderita kolestrol tinggi ada baiknya tidak berlebihan dalam mengkonsumsi udang.

Itulah yang bisa disampaikan mengenai manfaat udang dengan kandungan nutrisinya yang tinggi yang memang sangat baik bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment