Tuesday, March 5, 2019

Kebaikan Daging Tanpa Lemak

Hidup sehat - Selamat datang di faniujangherbal.blogspot.com yang mana pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi menarik untuk Anda simak. Adapun kami akan membahas mengenai alasan mengapa daging tanpa lemak dijadikan sebagai pilihan untuk Anda konsumsi. Selengkapnya simak ulasan dibawah ini.

Ini Alasan Daging Tanpa Lemak Sebaiknya Jadi Pilihan



Kebanyakan orang sering menganggap daging sebagai makanan yang tidak sehat karena kandungan lemak jenuhnya yang sangat tinggi. Namun jika dipilih secara tepat, sebenarnya daging merupakan makanan yang kaya nutrisi.

Seperti yang kita ketahui juga bahwa daging dapat menjadi sumber butrisi, akan tetapi kadar lemak di dalam daging dikhawatirkan bisa meningkatkan kadar kolestrol darah. Nah, sebagai solusinya, kamu dapat memilih daging tanpa lemak (lean meat).

Daging tanpa lemak ini bukan berarti sama sekali tidak mempunyai kandungan lemak di dalamnya, hanya saja kadar lemaknya sangat sedikit jika dibandingkan dengan bagian daging lainnya.

Daging Tanpa Lemak Lebih Sehat

Hal utama yang menjadi perbedaan daging biasa dengan daging yang tanpa lemak adalah terdapat pada jumlah kalorinya. Sebagai gambaran, tiap gram lemak mengandung 9 kalori. Sementara pada setiap gram protein hanya mengandung 4 kalori. Dengan begitu, jumlah kalori dari lemak daging bisa di pangkas, jika Anda memilih untuk mengonsumsi daging yang tanpa lemak.

Contoh lainnya, apabila Anda memilih daging ayam. Maka setiap 100 gram dada ayam (tanpa lemak dan kulit), mengandung 4 gram lemak dan 31 gram protein, dengan total 165 kalori. Sedangkan, daging ayam di bagian lainnya yang dikonsumsi bersama lemak dan kulit, seperti sayap, maka setiap 100 gram mengandung 19 gram lemak dan 27 gram protein dengan total mengandung 290 kalori.

Itulah alasan memilih daging tanpa lemak bisa membantumu mendapatkan asupan protein yang cukup sambil menjaga jumlah asupan kalori Anda tetap rendah. Mengonsumsi daging tanpa lemak yang tinggi protein juga bisa bermanfaat apabila kamu memang fokus menurunkan berat badan dan membentuk tubuh.

Langkah Memilih Daging yang Lebih Sehat

Bagian daging yang berlamak, seperti kulit ayam, memang terasa lebih enak. Namun supaya terhindar dari risiko kesehatan dibaliknya, ada abiknya kita pilih bagian daging yang lebih sehat:

Pilih bagian dengan paling sedikit lemak

Pada daging sapi, bagian yang paling sedikit lemak ada di bagian dalam, sekitar leher, sirloin atau has luar dan tenderloin atau has dalam. Sementara pada daging kambing bagian yang paling sedikit lemak, terdapat pada has dalam, potongan daging di sekitar area punggung, dan kaki. Dan pada daging ayam yang paling tak berlemak adalah dada tanpa kulit.

Membaca label kemasan

Jika membeli daging dalam kemasan, pilihlah dengan yang berlabel "daging pilihan" atau dalam bahasa inggris "choice" dan bukan "prime". Umumnya daging jenis "prime" mengandung lebih banyak lemak.

Perhatikan persentase kadar lemak pada daging kemasan

Saat membeli daging yang sudah ada pada kemasan / potongan, pilih yang persentase daging tanpa lemaknya paling tinggi, yakni 90% atau lebih.

Perhatikan kandungan lemak pada daging giling

Daging ayam giling dapat juga mengandung banyak lemak sebab umumnya terkandung daging bagian paha atau kulit. Supaya lebih sehat, kamu dapat memilih dada daging atau pilih yang 90% daging ayam giling tanpa lemak.

Selain itu, Anda dapat bertanya pada penjualnya mengenai bagian manakah yang paling sedikit mengandung lemak. Apabila kamu mengonsumsi daging di restoran, kamu dapat meminta bagian yang paling sedikit lemak pada pramusaji.

Bagi Anda yang mengolah daging sendiri, Anda dapat memilih metode yang mengurangi lemak seperti dengan memanggang atau menumis. Kemudian setelah itu, tiriskan dan buang lemak yang masih tersisa.

Jangan lupa juga untuk membatasi daging olahan, seperti sosis dan patty burger. Hal ini dikarenakan kebanyakan daging olahan tersebut mangandung banyak lemak dan garam. Adapun selain daging, asupan protein juga dapat kamu pilih dari makanan jenis lainnya seperti ikan, telur, serta kacang-kacangan.

Yuk, mulai selektif memilih daging agar asupan protein bisa terpenuhi agar Anda tetap sehat!

Sekian informasi yang dapat disampaikan mengenai kebaikan daging tanpa lemak. Semoga dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

No comments:

Post a Comment