Monday, March 4, 2019

Jenis Buah Dengan Kandungan Protein Tinggi

Nutrisi - faniujangherbal.blogspot.com - Apa yang pertama kali terlintas dipikiran Anda saat mendengar kata "protein" ? Kebanyakan orang mungkin akan langsung tertuju pada telur, daging, dan susu. Namun, sebenarnya terdapat banyak buah yang juga mempunyai kandungan protein. Dan tentunya berbagai buah tinggi protein ini bisa Anda jadikan alternatif camilan yang lebih sehat dan menyenangkan. Terlebih di dalam buah-buahan juga mengandung serat yang lebih tinggi, Sehingga jika dimakan dengan teratur justru bisa membantu Anda menurunkan kolestrol.

Daftar buah tinggi protein untuk camilan sore yang lebih sehat



Berikut ini merupakan 8 jenis buah yang mempunyai protein tinggi, antara lain:

1. Jambu


Buah jambu merupakan buah yang tinggi protein. Pada 1 porsi buah jambu diketahui tesedia 112 kalori dan 2.6 gram protein. Selan itu, terkandung juga likopen dan antioksidan di dalam buah jambu yang akan bermanfaat sebagai antioksidan penangkal kanker.

Dengan rutin mengonsumsi buah jambu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda karena kaya akan vitamin C yang bahkan lebih baik daripada jeruk.

2. Alpukat


Pada 100 gram alpukat kandungan protein di dalamnya bisa mencapai 2 gram. Selain itu, buah alpukat juga mengandung lemak baik yang dapat membantu menangkal penyakit jantung dan membuat kenyang lebih lama.

Ada pula kandungan magnesium yang cukup tinggi pada alpukat bisa bermanfaat untuk meredakan ketegangan otot dan menyembuhkan kelelahan.

3. Kurma


Kurma termasuk buah yag tinggi protein. yakni sebanyak 2,4 gr protein. Dan tidak hanya itu, buah kurma juga mengandung kalium tinggi yang akan membantu menghindari sejumlah masalah kesehatan dan sumber serat yang baik untuk menstabilkan gula darah.

4. Kismis


Didalam 100 gram kismis terkandung sebanyak 3 gr protein. Kismis juga kaya akan serat dan vitamin C. Maka dengan mengonsumsi kismis, asupan protein harian Anda dapat tercukupi sekaligus membantu memperlancar proses pencernaan.

5. Aprikot Kering


Kandungan aprikot kering diketahui lebih banyak mengandung protein dibandingkan versi segarnya. Hal ini terbukti pada 200 gram aprikot kering mengandung sekitar 3,4 gram. Sedangkan dengan takaran yang sama aprikot segar hanya terdapat 2,8 gram.

6. Pisang


Zat gizi pottasium dan protein di dalam pisang sangat tinggi. Yaitu protein dalam 100 gram pisang ialah 1,1 gram. Adapun manfaat lainnya dari pisang untuk kesehatan adalah bisa mempertahankan berat badan sehat, menjaga sistem pencernaan bekerja optimal, dan membantu menjaga tekanan darah berkat kandungan kalium di dalamnya.

7. Nangka


Nangka mengandung zat gizi yang baik, di antaranya mengandung kadar protein sekitar 1,7 gr, antioksidan, kalium, serta vitamin C dan sedikit vitamin A untuk membantu tubuh melawan kerusakan radikal bebas.

8. Jeruk


Umumnya buah jeruk memang dikenal banyak orang dengan kandungan vitamin C tinggi yang berguna untuk menyembuhkan sariawan. Namun, terdapat manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari buah jeruk ini yakni dapat mencegah kerusakan kulit. Adapun di dalam 100 gram buah jeruk diketahui mengandung 1 gram protein.

Sekian pembahasan kali ini mengenai sejumlah jenis buah yang mengandung protein tinggi, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment