Tuesday, March 5, 2019

Ketahui Ciri-Ciri Payudara Normal

Selamat bergabung kembali di faniujangherbal.blogspot.com situs yang menyediakan informasi menarik septar kesehatan. Padakesempatan ini, kami akan berbagi informasi mengenai tanda atau ciri-ciri payudara yang normal. Setiap perempuan mempunyai bentuk payudara yang berbeda-beda. Perbedaan yang terlihat atau terasa pun tidak selalu menjadi tanda adanya gangguan yang terjadi pada payudara. Untuk itu, kenali ciri-ciri payudara normal dan yang perlu diperiksakan ke dokter lebih lanjut. Selengkapnya simak pada uraian di bawah ini.





Pada payudara yang normal, terdiri dari jaringan lemak, jaringan ikat, kelenjar dan saluran penghasil susu, serta juga pembuluh darah, saraf, dan saluran getah bening. Adapun organ ini terhubung ke dinding dada melalui otot-otot yang ada di area tersebut.

Asupan nutrisi pada payudara di dapatkan dari sistem pembuluh darah. Dan untuk menghalau infeksi di payudara, terdapat sistem aliran getah bening/sistem limfatik yang membawa sel-sel untuk memerangi infeksi.

Cairan ASI atau susu yang terbentuk di kelenjar susu akan terkumpul di ruang kecil yang disebut dengan lobulus di payudara yang tersambung oleh saluran susu. ASI ini dikeluarkan dari puting susu ketika ibu menyusui bayi. Jumlah dan ukuran kelenjar susu ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan.

Terdapat area gelap dengan warna coklat atau kehitaman yang mengelili puting di payudara. Bagian ini disebut dengan areola. Adapun areola ini mengandung kelenjar montgomery yang melumasi puting selama proses menyusui.

Ciri-ciri Payudara Normal


Kadang kala, karakteristik payudara yang sangat bervariasi pada wanita ini bisa membuat resah, khususnya karena kekhawatiran apakah payudaranya mengalami gangguan atau tidak. Nah, agar tidak bingung, ketahui ciri-ciri payudara normal berikut ini:

Ukuran payudara


Sering kali wanita mengira bahwa ukuran payudara besar sebelah merupakan tanda payudara tidak normal. Padahal perbedaan tersebut adalah normal, khususnya di masa pubertas. Hal ini dapat terjadi karena payudara yang satu berkembang lebih cepat dibanding yang lain.

Bentuk puting


Pada sebagaian wanita mempunyai payudara normal dengan puting yang mengencangatau mengeras ketika diraba atau ketika hawa dingin. Sementara, puting pada wanita lainnya tidak demikian. Ini juga merupakan hal yang normal.

Adapun bentuk puting yang masuk ke dalam tidak perlu dikhawatirkan sebab tidak mengganggu proses menyusui. Selain itu, ukuran puting juga bisa berubah terutamma di saat hamil.

Hal yang harus di waspadai ialah ketika adanya perubahan pada bentuk puting, kemunculan rasa nyeri, mulai dari ada tidaknya cairan selain ASI yang keluar, hingga bengkak ataupun kulit yang terkelupas.

Warna Puting


Puting bisa berubah warna. Umumnya hal ini bergantung dengan suhu, usia, dan kehamilan. Jadi, apabila suatu saat Anda menemukan warna puting bertambah gelap, hal ini tergolong normal.

Rambut di sekitar puting


Sejumlah wanita mendapati rambut atau bulu-bulu halus ada disekitar aerola. Folikel rambut memang berada di sekitar puting dan hal ini normal adanya. Jika Anda merasa kurang nyaman, Anda bisa memotong atau mencukurnya seperti pada bulu-bulu di bagian tubuh lain.

Payudara terasa bengkak


Terkadang payudara menjadi nyeri dan bengkak seperti ketika Anda sesudah ovulasi, yaitu ketika progesteron menyebabkan sel payudara dan pembuluh darah membesar. Perubahan hormon di sekitar masa menstruasi juga bisa menyebabkan payudara nyeri pada sebagian wanita. Akan tetapi, jika rasa sakit dan nyeri tidak segera reda periksakanlah ke dokter agar kesehatan payudara Anda bisa terjaga.

Adapun untuk mendeteksi kemungkinan gangguan pada payudara normal secara dini, periksa payudara secara mandiri dengan teratur. Selain itu, apabila ada perubahan pada payudara, seperti kemunculan benjolan, kerutan, rasa sakit yang tidak jelas penyebabnya, ataupun adanya cairan yang keluar dari puting padahal tidak sedang menyusui berkonsultasilah dengan dokter.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai ciri-ciri payudara normal. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi kesehatan payudara Anda.

No comments:

Post a Comment