Tuesday, March 5, 2019

Manfaat Buah Merah Dari Tanah Papua

Manfaat Buah Merah - faniujangherbal.blogspot.com - Tahukah Anda dengan buah merah atau kuansu? Buah ini merupakan buah yang banyak tumbuh di wilayah Papua. Adapun manfaat dari buah merah ini dipercaya oleh masyarakat Papua bisa mengobati berbagai penyakit dan baik bagi kesehatan.

Inilah Beragam Manfaat Buah Merah Bagi Kesehatan




Umumnya di wilayah Papua, buah merah dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau dipotong-potong yang kemudian akan di rebus atau di panggang. Biji dan daging buah merah pun dapat di tumbuk, di campur dengan air dan disaring untuk menghasilkan saus merah kental sebagai bumbu masakan. dan minyak ekstrak buah merah juga dapat digunakan sebagai penyedap makanan dan pewarna alami.

Masyarakat Papua juga sering memanfaatkan buah merah sebagai obat taradisional. Hal ini karena buah merah dipercaya mampu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Manfaat Buah Merah bagi Kesehatan


Buah merah mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, kalori, karbohidrat, lemak sehat, dan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, alfa-karoten, beta- karoten, dan zat pewarna antosianin.

Tidak hanya itu, buah merah juga dipercaya mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

  • Mempunyai efek anti kanker

Terdapat penelitian yang mengungkapkan bahwa buah merah dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti pada kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker ovarium.

  • Memiliki sifat antivirus dan antimikroba

Buah merah diklaim mampu membantu mengobati penyakit HIV dan TBC. Hal ini dikarenakan sifat buah merah dipercaya bisa membunuh virus dan bakteri tertentu.

  • Memiliki sifat antiradang

Kandungan antioksidan yang kuat pada buah merah dapat bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Manfaat ini membuat buah merah berpotensi untuk dijadikan obat alternatif bagi penyakit radang usus yang bisa berkembang menjadi kanker usus.

  • Menurunkan kolestrol jahat

Berdasarkan penelitian, ekstrak buah merah diketahui mampu meningkatkan kadar kolestrol baik dan menurunkan kadar kolestrol jahat, sehingga bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Adapun kandungan beta -karoten yang ada di dalam buah merah juga membawa sejumlah manfaat. Beta-karoten sendiri ialah salah stu jenis antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari efek radikal bebas, sehingga bisa membantu memelihara kesehatan kulit, mengurangi risiko kanker, dan penyakit mata degenerasi makula.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat buah merah untuk kesehatan tubuh yang bisa disampaikan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

No comments:

Post a Comment