Monday, March 4, 2019

Manfaat Kacang Hazelnut

faniujangherbal.blogspot.com - Sering dinikmati sebagai camilan atau diolah dalam makanan dan minuman hingga es krim, kacang hazelnut ini memang diketahui mempunyai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh yang sayang jika dilewatkan. Apa saja manfaatnya? Silahkan simak berikut ini.

Manfaat Kacang Hazelnut Bagi Kesehatan Tubuh




Sebelum pada pembahasan manfaat kacang hazelnut, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kandungan yang terdapat pada kacang hazelnut ini.

Kandungan Nutrisi Pada Huzelnut


1 ons hazelnut (28 gram) mengandung 176 kalori dan berbagai nutrisi yang menyehatkan, yaitu:
  • 4,7 gr karbohidrat
  • 2.7 gr serat
  • 4.2 gr protein
  • 1.7 mg mangan
  • 17 gr lemak
  • 45.6 mg magnesium
  • 0.2 mg vitamin B6
  • 4.2 mg vitamin E
  • 0.2 mg tiamin
  • 4 mcg vitamin K
  • 0.7 mg zinc
  • 31.6 mcg folat
  • 1.3 mg zat besi
  • 81.2 mg fosfor
  • 190 mg potasium
  • Vitamin C
  • Niacin
  • Kalsium


Berbagai Manfaat Mengonsumsi Hazelnut


1. Kaya Antioksidan


Kacang huzelnat mempunyai senyawa fenolik atau antioksidan tinggi yang bisa membantu menurunkan kolestrol darah dan menyembuhkan peradangan. Tidak hanya itu, senyawa ini juga dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan melindungi diri terhadap kanker. Adapun antioksidan dikenal sebagai kandungan pelindung tubuh dan sres oksidatif yang bisa merusak sel sehat sehingga dapat mengakibatkan Anda terserang berbagai jenis penyakit.

Penting untuk Anda ketahui bahwa mayoritas antioksidan pada hazelnut terpusat di kulitnya. Karena itu, di anjurkan untuk mengonsumsinya secara utuh dengan kulitnya.

2. Menyehatkan Jantung


Tingginya kadar antioksidan dan lemak sehat membuat hazelnut dapat berkontribusi dalam menjaga kesehatan ssel dan menurunkan kadar kolestrol di dalam darah.

Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan selama 1 bulan dengan subjek penelitian sebanyak 21 orang menunjukan bahwa mengonsumsi hazelnut sebanyak 18-20% dari total asupan kalori harian membawa efek positif bagi tubuh.

Adapun hasil penelitian menunjukan kadar kolestrol, trigliserida, dan kadar kolestrol buruk (LDL) berkurang dengan signifikan. Selain itu, sejumlah peserta juga mengalami perbaikan kesehatan pembuluh darah jantung dan perdangan dalam darah.

Selain itu, para peneliti menarik kesimpulan bahwa kadar asam lemak, serat, kalium, magnesium, dan antioksidan pada huzelnut mampu membantu tubuh untuk menormalisasikan tekanan darah.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah


Pada penelitian ditahun 2015 yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa pasien diabetes yang mengonsumsi hazelnut mengalami penurunan lipid (lemak) darah dibandingkan dengan nonpasien diabetes.

Sumber lemak yang ada pada huzelnut merupakan lemak sehat sehingga tidak akan berkontribusi pada penambahan berat badan. Bahkan manfaat yang di dapatkan dari mngonsumsi hazelnut ini memang terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Kandungan mangan dan magnesium yang tinggi juga terbukti bisa menurunkan risiko diabetes.

4. Menjaga Kesehatan Otak


Sejumlah kandungan yang terdapat pada huzelnut berukpa vitaminE, folat, tiamin, mangan, dan asam lemak tinggi mampu bekerja memperbaiki fungsi kognitif otak dan membantu mencegah penyakit degeneratif di kemudian hari. Adapun kandungan vitamin E yang tinggi mempunyai peranan penting dalam mencegah dan mengobati seperti demensia, parkinson, dan alzhaimer.

Kandungan mangan juga sudah terbukti berperan besar didalam aktivitas otak yang terhubung dengan fungsi kognitif. Dan tiamin sendiri umumnya disebut sebagai vitamin saraf yang berperan dalam fungsi saraf diseluruh tubuh, termasuk di otak. Sementara asam lemak dan protein mampu membantu sistem saraf dan juga membantu mengatasi depresi.

Dalam penelitian Nutritional Neuroscience juga telah membuktikan bahwa hazelnut dapat membuat masa tua Anda lebih sehat, meningkatkan daya ingat, serta dapat mengurangi kegelisahaan. Dan folat pada hazelnut mempunyai manfaat untuk memperlambat gangguan degeneratif pada orang tua.

5. Menurunkan Risiko Kanker


Diantara jenis kacang lainnya, hazelnut mempunyai kandungan antioksidan proanthocyanidins yang paling tinggi. Sejumlah penelitian yang dijalankan menunjukan bahwa senyawa antioksidan ini membantu mencegah dan juga mengobati beberapa jenis kanker karena mampu membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif.

Tidak hanya itu, dengan kandungan vitamin E nya mampu membantu sel terlindung dari kerusakan yang bisa menyebabkan kanker. Kandungan mangan di dalamnya akan membantu fungsi enzim spesifik yang dapat mengurangi kerusakan stres oksidatif dan menurunkan risiko kanker. Sejumlah penelitian menunjukan ekstrak hazelnut mempunyai manfaat dalam pengobatan kanker serviks, hati, payudara, dan usus besar.

Hal yang perlu Anda ingat ialah hati-hati dalam mengonsumsi hazelnut jika Anda memiliki alergi kacang.

Itulah informasi yang bisa disampaikan mengenai manfaat hazelnut bagi kesehatan.Semoga dapat bermanfaat.  

No comments:

Post a Comment