Monday, March 4, 2019

Manfaat Kunyit Asam

Selamat datang di situs faniujangherbal.blogspot.com penyedia informasi kesehatan yang tentunya akan menarik untuk Anda simak. Adapun di kesempatan ini, kami akan berbagi informasi mengenai manfaat kunyit asam untuk kesehatan.

Di samping menggunakan obat dokter, memang tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa masyarakat Indonesia lebih akrab dengan produk-produk herbal atau jamu buatan sendiri dengan resep yang diturunkan dari keluarnya. Salah satunya adalah jamu kunyit asam, yakni racikan kunyit dan asam jawa yang terbukti mampu mengobati sejumlah penyakit. Apa saja yah manfaat kesehatan yang bisa di dapatkan dari racikan kunyit asam ini?

Berbagai manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan



Kunyit diketahui memiliki kandungan bahan aktif yang berfungsi sebagai analgesik (meredakan nyeri), antipiretik (menurunkan suhu tubuh ketika demam), dan juga Antiradang. Dan pada asam jawa juga terdapat kandungan bahan aktif sebagai antipireptik, antiradang, dan penenang. Campuran kedua bahan alami ini sudah terbukti aman. Berikut ini manfaat dari jamu kunyit asam, antara lain:

1. Meredakan Nyeri Haid


Umumnya jamu kunyit asam dikonsumsi oleh wanita yang mempunyai keluhan nyeri haid. Kini nbahkan kunyit asam ini telah banyak diproduks dalam bentuk serbuk atau minuman kemasan sehingga Anda tidak perlu repot untuk meraciknya sendiri.

Diketahui kandungan kurkumin yang ada pada kunyit dapat bekerja dengan mengurangi aliran ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, yakni hormon yang menciptakan rasa sakit dan pembengkakkan.

Adanya kandungan tannin, saponin, sesquiterpenes, alkaloid, dan phlobotamin pada asam jawa semakin memperkuat manfaatnya sebagai pereda nyeri haid. Adapun kandungan tersebut bisa mempengaruhi sistem saraf otonom dan otak yang kemudian otak akan mengirimkan perintah ke tubuh untuk meredakan kontraksi rahim.

Dengan begitu, tidak diragukan lagi bahwa minuman kunyit asam memang terbukti mampu mengatasi nyeri haid pada wanita.

2. Sebagai Antioksidan


Para peneliti membuktikan bahwa kunyit dan asam sama-sama memiliki manfaat sebagai antioksidan. Hal ini karena senyawa kurkumin di dalam kunyit diketahui mempunyai aktivitas antioksidan yang tinggi, begitu pula dengan asam jawa yang juga mengandung senyawa antioksidan yang baik bagi tubuh.

Pada minuman kunyit asam, kandungan antioksidan ini memiliki aktivitas yang lebih besar apabila dibandingkan dengan antioksidan sintesis. Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa formula terbaik dari minuman kunyit asam ialah 25% asam, 5% kunyit, dan 70% air untuk kadar antioksidan yang maksimal.

3. Menurunkan Berat Badan


Pada dasarnya baik kunyit maupun asam jawa ini secara terpisah memang memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan. Tentu saja dengan menggabungkan 2 bahan alami ini maka khasiat yang akan didapatkan akan semakin maksimal.

Kurkumin yakni antioksidan dalam kunyit akan berfungsi menekan respon peradangan pada sel tubuh, termasuk sel pankreas, lemak, dan juga otot. Reaksi ini bisa membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah dan kolestrol serta kondisi metabolik lainnya akibat obesitas. Alhasil, berat badan Anda cenderung lebih stabil dan menurunkan resiko obesitas. Tidak hanya itu, tubuh Anda juga akan menjadi lebih fokus ketika menurunkan berat badan karena minimnya reaksi peradangan pada tubuh sesudah minum kunyit asam.

4. Mengendalikan Gula Darah


Jika Anda tengah mengidap penyakit diabetes, cobalah untuk rutin mengonsumsi jamu kunyit asam. Telah sejak lama kunyit diketahui dapat menurunkan gula darah. Efek ini di duga akibat kemampuan antiinflamasi yang dimiliki oleh kunyit.

Sebuah studi di tahun 2012 menunjukan bahwa orang dengan prediabetes yang mengonsumsi kapsul kurkumin cenderung menghambat kemungkinan terkena diabetes tipe 2.

Itulah beberapa manfaat dari kunyit asam bagi kesehatan tubuh. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment