Sunday, June 9, 2019

5 Manfaat Kale Untuk Kesehatan

Manfaat Kale - Faniujangherbal.blogspot.com - Bagi Anda penggemar salad, tentu akan tidak asing lagi dengan daun kale ini. Kale merupakan jenis sayuran berdaun hijau dan tergolong pada keluarga kubis. Seperti brokoli, kembang kol, dan sawi.




Kale mengandung beragam vitaamin dan mineral. Berdasarkan data yang dirilis SELF Nutrition, 1 gelas kale mentah mengandung 33 kalori, 3 gram protein, 2,5 gram serat, vitamin A, vitamin K, vitamin , hingga magnesium.

Adapun berikut ini merupakan sejumlah manfaat dari kale untuk kesehatan, antara lain:

1. Menjaga Kesehatan Mata


Diketahui daun kale mengandung 2 jenis vitamin karotenoid yakni lutein dan zeaxanthin.

Pada penelitian US National Library of Medicine National Institue of Health, mengemukakan bahwa seseorang yang mengkonsumsi lutein dan zeaxanthin dalam jumlah yang cukup maka akan rentan terkena penyakit mata. Bahkan lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi dua jenis vitamin karotenoid tersebut.

2. Membantu menurunkan berat badan


Kale mengandung kalori yang randah, namun masih memberikan jumlah kalori yang signifikan untuk membuat seseorang merasa kenyang.

Meski begitu, kandungan airnya tinggi. Kale juga mempunyai kepadatan energi yang rendah.

Berdasarkan penelitian dalam jurnal berjudul Provision of Foods Differing in Energy Density Affects Long-Term Wight Loss, mengkonsumsi sayuran atau makanan yang mempunyai kepadatan energi telah terbukti dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, daun kale mengandung 2 nutrisi penting dalam menurunkan berat badan, yaitu protein dan serat.

3. Penangkal Kanker


Kanker merupakan penyakit mengerikan yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Adapun dalam hal ini, kale mengandung senyawa yang diyakini dapat menangkal kanker.

Dalam penelitian, kale mengandung sulforaphane atau sejenis molekul gula yang terbuktiu dapat melawan pembantukan kanker pada tingkat molekuler. Kale juga mengandung indole-3 carbinol, suatu zat yang diyakini dapat membantu mencegah kanker.

4. Baik Untuk Kesehatan Jantung


Kale mengandung Asam empedu sekuestran. Berfungsi menurunkan kadar koletrol. Berdasarkan penelitian dalam jurnal Food Chemistry, kandungan tersebut dapat menyebabkan berkurangnya risiko penyakit jantung dari waktu ke waktu.

Penelitian ini menemukan fakta bahwa dengan mengkonsumsi jus kale setiap hari selama 12 minggu dapat meningkatkan HLD sebesar 27%. Serta menurunkan kadar LDL sebesar 10%, lalu meningkatkan status antioksidan.

5. Menjaga kesehatan Tulang


Kale mengandung kalsium nabati yang mempunyai peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan semua jenis fungsi seluler.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun kale. Semoga apa yang telah kami informasikan diatas dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment