Sunday, June 9, 2019

Biji Labu Untuk Kesehatan

Manfaat Biji Labu - Faniujangherbal.blogspot.com - Labu kuning termasuk salah satu buah yang sering dikonsumsi ketika puasa. Umumnya diolah menjadi beragam sajian takjil. Seperti kolak labu, bolu labu, hingga puding labu.

Adapun ketika mengolah labu kuning ini, banyak dari kita mungkin membuang bijinya karena menganggap tidak bermanfaat. Padahal menurut study yang diterbitkan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, biji labu mengandung nutrisi yang tak kalah menakjubkan seperti buahnya.




Nah, inilah manfaat dari memakan biji labu. Di antaranya:

1. Mengatasi Kesulitan tidur


Biji labu dipercaya dapat mengatasi kesulitan tidur. Ini dikarenakan kandungan alami triptofan atau asam amino yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan Sports Medicine, dibutuhkan sekitar 1 gram triptofan setiap hari untuk dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Karena itu, kamu perlu memakan sekitar 200 gram biji labu untuk mencapai jumlah triptofan yang dibutuhkan.

Adapun para ahli menyebutkan bahwa biji labu mengandung magnesium yang dikaitkan dengan kualias tidur.

2. Meningkatkan kualitas sperma


Ternyata biji labu kaya akan seng yang dapat meningkatkan kualitas sperma laki-laki.

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa biji labu dapat melindungi sperma dari kerusakan yang disebabkan oleh kemoterapi dan penyakit autoimun.

Tidak hanya itu biji labu juga mengandung antioksidan dan nutrisi yang berkontribusi pada kadar testosteron.

3. Menurunkan kadar gula darah


Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tahun 2011 menemukan fakta bahwa biji labu, bubuk biji labu, dan jus labu dapat mengurangi kadar gula dalam darah.

Bahkan sejumlah penelitian lain juga mengungkapkan bahwa biji labu dapat mengurangi kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe-2.

4. Meningkatkan kesehatan jantung


Kandungan biji labu tinggi dengan antioksidan, seng, dan asam lemak yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Penelitian menemukan fakta bahwa jika minyak biji labu dapat mengurangi tekanan darah dan kadar kolestrol tinggi yang merupakan faktor penyebab maningkatnya risiko penyakit jantung.

5. Menurunkan resiko kanker


Biji labu juga dipercaya dapat menurunkan risiko kanker perut, payudara, paru-paru, prostat, dan usus besar.

Adapun dalam penelitian observasional pada 2012 menemukan bahwa biji labu bisa menurunkan risiko kanker payudara pada perempuan pascamenopause.

Sementara penelitian lainnya menunjukan kandungan lignan dalam biji labu memainkan peran penting dalam mencegah dan mengobati kanker payudara.

Demikianlah manfaat dari biji labu bagi kesehatan. Semoga informasi yang telah kami sampaikan ini dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment