Thursday, May 30, 2019

Alasan Air Kolam Renang Perlu Diberi Kaporit

faniujangherbal.blogspot.com - Pada masa yang lalu, saat pengetahuan manusia mengenai reaksi kimia tidak sedalam seperti sekarang, ada banyak orang minum air dari mana saja, seperti sungai dan danau, tanpa tahu bahaya yang terkandung si dalam air yang mereka minum telah terkontaminasi, atau makanan yang mereka makan banyak mengandung kuman dan bakteri.




Berkat perkembangan ilmu pengetahuan, maka di masa sekarang manusia dapat mengetahui makanan dan minuman apa saja yang layak dikonsumsi. Akan tetapi, bagaimana dengan air kolam renang? Pernahkah kamu berpikir air apa yang terkandung di dalam kolam renang? Apakah murni atau justru air yang sudah terkontaminasi oleh kotoran?

Kemurnian air di kolam renang


Terdapat sejumlah faktor yang menjadikan kolam renang dapat terkontaminasi. Kontaminan muncul dapat dari lingkungan atau di sebabkan oleh manusia. Faktor lingkungan misalnya berupa debu dan partikel yang tertiup angin atau hujan yang mengandung spora alga mikroskopis serta air yang masuk dari sumber yang tidak bersih ialah indikasi yang dapat mencemari air kolam renang.

Tetapi apabila kolam renang berada di dalam ruangan, maka kemungkinan air terkontaminasi lingkungan akan lebih rendah. Dengan demikian, air kolam renang yang berada di dalam ruangan tetap bisa terkontaminasi oleh tubuh manusia melalui keringat, zat kosmetik, saliva, urin, dan bahan-bahan lain yang tidak diinginkan.

Klorin sebagai penyelamat


Menjaga air kolam renang agar senantiasa terawat ialah hal yang sangat penting. Adapun dalam mewujudkan hal ini, ada langkah yang bisa dilakukan yaitu "klorinasi air". Caranya adalah dengan memasukan laruan klorin ke dalam air kolam. Larutan ini, jika di Indonesia lebih dikenal dengan kaporit. Adapun larutan inilah yang kemudian akan terurai menjadi senyawa kimia berupa asam hipoklor (HOCI) dan ion hipoklorit.

Di kutip dari Science ABC, klorin dalam bentuk asam hipoklorit atau ion hipoklorit ini bisa membersihkkan air dengan menyerang lipid di dinding sel bakteri dan mikroorganisme lainnya. Selain itu, klorin juga mampu menyerang struktur dan enzim di dalam sel bakteri.

Karena mikroorganisme dan kuman bisa menimbulkan ancaman signifikan di dalam air kolam renang, keberadaan klorin ini sangat penting. Ini karena larutan klorin mampu melakukan pekerjaan luar biasa untuk memusnahkan mikroorganisme tersebut sehingga membuat air bisa diterima oleh tkubuh manusia.

Walaupun demikian, klorin juga mempunyai kelemahan, yaitu dapat menimbulkan bau yang sangat tajam dan khas yang tidak terlalu disukai oleh banyak orang. Larutan ini juga bisa menyebabkan gatal pada kulit yang sangat menjengkelkan bagi perenang.

Itulah yang bisa kami sampaikan mengenai alasan air di kolam renang perlu diberi kaporit. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda. 

No comments:

Post a Comment