Thursday, May 30, 2019

5 Tips Menyajikan Sereal Untuk Sarapan Sehat

Faniujangherbal.blogspot.com - Selain nasi dan roti, sereal juga termasuk pada makanan yang sering disajikan sebagai menu sarapan sehat. Dengan terbuat dari gandum atau biji-bijian lainnya, makanan ini dipercaya lebih menyehatkan sebab kaya akan vitamin dan serat yang sangat baik bagi pencernaan.




Meski dianggap menyehatkan, ternyata terdapat juga sereal yang sudah dikombinasikan dengan aneka perasa dan pemanis buatan agar tampilannya semakin menarik. Padahal seperti yang telah kita tahu, pemanis dan pewarna bisa menimbulkan gangguan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Adapun berikut ini merupakan sejumlah tips sederhana yang bisa dilakukan ketika menyajikan sereal agar tetap sehat dan juga lezat, yaitu;

1. Perhatikan label nutrisi pada kemasan


Terlebih dahulu, sempatkanlah untuk memeriksa tabel nutrisi yang biasanya tertera disisi atau belakang kemasan sereal. Dilansir Reader's Digest, dalam satu bungkus sereal yang sehat harus mengandung setidaknya 4 gram serat di dalamnya.

Jangan lupa pastikan juga kandungan kalori pada sereal yang akan di beli tidak lebih dari 200 kalori. Sebab terlalu banyak asupan kalori di dalam tubuh akan memicu kenaikan berat badan.

2. Pilihlah sereal yang rendah gula dan perasa buatan


Hal paling penting yang harus Anda perhatikan juga ialah bahwa sereal tidak mengandung terlalu banyak pemanis dan pearna buatan. Sereal yang sehat mempunyai kandungan gula tidak lebih dari 4 gram/penyajian.

Selain itu, ada baiknya Anda memperhatikan kadar pewarna tambahan yang ada di dalam sereal. Semakin mencolok warna pada sereal, maka semakin banyak pula pewarna buatan yang di campurkan ke dalam sereal.

3. Kombinasikan dengan buah-buahan


Agar sereal yang kamu sajikan lebih kaya cita rasanya, buah-buahan bisa menjadi alternatifnya. Adapun kamu bisa mencampurkan seperti buag pisang atau aneka buah berry sebagai penambah rasa manis pada sereal. Buah-buahan ini akan memberikan rasa yang lebih lezat serta akan melengkapi nutrisi yang sebelumnya tidak ada pada semangkuk sereal.

4. Campur dengan kacang


Kamu dapat menambahkan kacang-kacangan untuk menambah rasa dan tekstur pada sereal. Kombinasi sereal dan juga kacang-kacangan seperti almond, kacang mede, kenari, atau pistachio akan menghasilkan tekstur crunchy yang membuat sajian lebh menggoda selera. Kacang juga kaya akan protein dan lemak tak jenuh yang sangat baik bagi kesehatan jantung dan pencernaan jika dikonsumsi dengan teratur.

5. Ganti susu hewani dengan susu nabati


Umumnya sereal di sajikan bersama susu sapi agar rasanya semakin nikmat. Tetapi bagi kamu yang sedang berdiet, susu sapi bisa di ganti dengan susu kedelai atau susu almond.

Susu nabati mengandung serat dalam jumlah banyak yang bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan. Bahkan lebih renda lemak dan juga kaya akan protein yang akan berguna dalam menyokong proses metabolisme dan menjaga kekebalan tubuh.

Itulah 5 tips sederhana untuk menyajikan sereal untuk sarapan yang sehat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment