Monday, May 20, 2019

Penyebab Obesitas Pada Anak

Faniujangherbal.blogspot.com - Obesitas ternyata tidak hanya melanda orang dewasa, statistik menunjukan di banyak negeri, obesitas juga melanda anak-anak hingga taraf yang memprihatinkan. Pengetahuan orang tua yang kurang baik atau pandangan yang menyatakan akan bertubuh gemuk adalah anaka yang sehat dan menggemaskan menjadi alasan yang dapat memperparah kondisi ini. Mengapa obesitas pada anak berbahaya? Simak informasi lengkapnya berikut ini.




Obesitas atau kelebihan berat badan bisa menimbulkan berbagai efek negatif untuk kesehatan. Dan tentunya anak-anak yang masih lugu ini tidak akan memahami bahayanya. Maka, merupakan tanggung jawab orang tua untuk menjaga agar mereka tetap sehat.

Akibat Obesitas


Penyakit yang bisa ditimbulkan akibat obesitas di antaranya diabetes, penyakit jantung, darah tinggi dan yang lainnya. Penyakit-penyakit yang dulu di anggap sebagai penyakit usia lanjut dan dewasa, kini bisa dialami pada anak akibat timbunan lemak, kolestrol, dan gula yang ada dalam tubuh. Gangguan pernafasan atau asma berisiko lebih besar dialami anak yang mengalami obesitas.

Tidak hanya itu, anak dengan obesitas juga bisa mengalami kesulitan bergerak dan terganggu pertumbuhannya sebab timbunan lemak yang berlebihan pada organ-organ tubuh yang seharusnya berkembang. Belum lagi efek psikologis yang dialami anak, seperti ejekan dari teman-teman sekelas pada anak-anak yang telah bersekolah.

Penyebab Obesitas Pada Anak


Sejumlah penyebab obesitas pada anak ialah sebagai berikut:

1. Faktor Genetik


Merupakan faktor keturunan dari orang tua yang akan sulit dihindari. Jika ayah atau ibu mempunyai kelebihan berat badan, hal ini bisa diturunkan pada anak.


2. Makanan cepat saji dan makanan ringan dalam kemasan


Sebagian besar anak-anak menyukai makanan cepat saji bahkan banyak anaka yang akan makan dengan lahap dan menambah porsi jika makan makanan cepat saji ini. Padahal makanan tersebut umumnya mengandung lemak dan gula yang tinggi penyebab obesitas.

Orang tua yang selalu sibuk sering menggunakan makanan cepat saji yang praktis dihidangkan untuk diberikan pada anak mereka, meski kandungan gizinya buruk untuk anak. Adapun inilah makanan cepat saji sering disebut dengan istilah junk food (makanan sampah).

Selain itu, kesukaan anak-anak pada makanan ringan dalam kemasan manis menjadi hal yang patut diperhatikan.

Minuman Ringan


Soft drink atau makanan ringan juga terbukti mempunyai kandungan gula yang tinggi sehingga berat badan akan cepat bertambah jika mengkonsumsi minuman ini. Rasa yang nikmat dan juga menyegarkan menjadikan anak-anak sangat menggemari minuman ini.

Kurangnya Aktivitas Fisik


Masa anak-anak identik dengan masa bermain. Dulu, umumnya permainan anak adalah permainan fisik yang mengharuskan anak berlari, melompat, atau gerakan lainnya. Akan tetapi hal itu telah tergantikan dengan game elektronik, komputer, internet, atau televisi yang cukup dilakukan dengan hanya duduk di depannya tanpa harus bergerak. Hal inilah yang menyebabkan anak kurang melakukan gerak badan sehingga menyebabkan kelebihan berat badan.

Itulah informasi mengenai penyebab obesitas pada anak. Semoga apa yang telah kami sampaikan ini dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment