Wednesday, May 29, 2019

Alasan Sering Sakit Kepala Jelang Haid

Faniujangherbal.blogspot.com - Bagi wanita dewasa, beragam keluhan sering terjadi menjelang datangnya haid yang mungkin memang telah menjadi teman setiap disetiap bulannya. Pada umumnya keluhan ini di sebut dengan premenstruental syndrom atau di kenal dengan PMS. Adapun salah satu keluhan tersering dan paling menonjol ialah sakit kepala.

Meskirutin terjadi, ternyata tidak sedikit wanita yang mengaku cukup terganggu dengan keluhan yang menimpa dirinya ini.




Lantas, apa sih sebenarnya hubungan haid dengan sakit kepala?


Perubahan hormon menjelang haid


Pada dasarnya keluhan sakit kepala yang muncuk akibat perubahan hormonal pada tubuh seseorang. Tidak hanya pada wanita, kerja hormon ini juga terjadi pada pria.

Memang hanya saja pada wanita, perubahan hormon ini terjadi lebih sering dan rutin. khususnya sebelum, selama, dan setelah haid berlangsung. Untuk itu, seorang wanita akan lebih sering mengalami sakit kepala dari pada pria.

Bahkan menurut data, wanita 3 kali lebh berisiko mengalami sakit kepala dibandingkan pria. Diketahui terdapat sebanyak 60% sakit kepala yang dirasakan pada wanita terjadi menjelang haid berlangsung.

Sakit kepala yang dirasakan menjelang haid ini tidak lepasdari hormon estrogen dan progesteron. Saat menjelang haid, kadar kedua hormon ini melonjak, lalu turun secara drastis. Perubahan inilah yang menjadi pemicu sakit kepala.

Hal inilah yang juga menjadi alasan seseorang yang mengonsumsi pil KB sangat rentan mengalami sakit kepala. Sebab pil KB yang ada dipasaran mempunyai kandungan kedua jenis hormon ini.

Sekian pembahasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment