Thursday, May 16, 2019

Terkena Angin Duduk Ini Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan

Faniujangherbal.blogspot.com - Angin duduk atau angina pektoris terjadi karena kondisi gejala nyeri dibagian dada yang diakibatkan kurangnya asupan oksigen dan darah yang mengalir menuju jantung. Hal yang harus di perhatikan adalah jangan langsung panik dan berikan pertolongan pertama pada orang yang terkena angin duduk, berikut langkah-langkahnya:




1. Batuk Sekuat Tenaga 


Ambil nafas dalam-dalam dan cobalah untuk batuk sekuat tenaga seperti ingin mengeluarkan dahak, lakukan setiap 2 detik sekali. Tujuannya yaitu agar melancarkan suplai darah yang akan menuju jantung dan membantu jantung untuk tertekan agar aliran darah lancar kembali.

2. Gunakan Minyak Angin


cara ini hampir sama halnya dengan masuk angin yaitu langsung di oleskan pada bagian punggung, dada, dan perut. Kehangatannya bisa membantu badan lebih rileks sehingga suplai darah yang menuju kejantung akan lebih lancar.

3. Gunakan Air Hangat


Air hangat dapat Anda masukan ke dalam botol kecil kemudian letakkan di bagian perut bagian depan. Karena bagian tersebut merupakan tempat angin masuk dan menyebabkan gejala angin duduk. Selain itu, tempelkan air hangat pada bagian telapak kaki. Cobalah berbaring lurus dan rilekskan badan.

4. Konsumsi Obat Anti-Platelet


Obat ini bisa menghambat agregasi platelet dan membantu meredakan gejala angina. Namun tentunya harus ada resep atau konsultasi dokter karena bisa saja obat ini memiliki efek yang bisa meredakan atau malah memperparah keadaan.

5. Bawa Ke Dokter


Jika ke empat cara di atas belum bisa membaik atau memperburuk keadaan, hal yang terakhir dilakukan adalah dengan membawanya kedokter agar mendapat pertolongan utama yang lebih intensif.

Itulah beberapa cara pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan. Di mana gejala yang ditimbulkan mungkin saja akan berbeda setiap orangnya, sehingga perlu diwaspadai. Ingat! Jaga kesehatan, pola makan sehat dan rajin berolahraga bisa mencegah datangnya penyakit. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Semoga informasi ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment