Monday, May 20, 2019

Solusi Obesitas Pada Anak

Faniujangherbal.blogspot.com - Bagi Anda yang mempunyai anak dengan kelebihan berat badan atau obesitas, hendaknya tidak memaksakan diet yang ketat untuk anak. Sebab hal ini bisa mengganggu pertumbuhan dan kesehatannya. Sebaliknya untuk mengatasi obesitas anak atau mencegah anak agar tidak mengalami obesitas, langkah-langkah yang bisa Anda lakukan ialah sebagai berikut;




Perhatikan makanan yang akan diberikan untuk anak


Kurangi mengonsumsi makanan cepat saji atau fast food, makanan ringan dalam kemasan, cemilan manis atau makanan dengan kandungan lemak tinggi, juga minuman ringan.

Anda harus menyajikan daging dan sayuran segar. Perbanyak konsumsi bauh dan susu yang baik untuk pertumbuhan anak. Berikan porsi yang sesuai dan jangan terlalu berlebihan.

Memberikan sarapan dan bekal untuk anak


Sarapan ialah awal yang baik untuk anak ketika memulai harinya agar anak bisa kuat saat beraktivitas di sekolah dan mencegah makan berlebihan setelahnya. Adapun dengan membawa makanan dari rumah, orang tua bisa mengontrol gizi anak dan menghindari agar anak tidak perlu jajan diluar.


Perbaiki teknik mengolah makanan


Jangan terlalu banyak menggoreng makanan agar tidak terlalu banyak lemak yang dikonsumsi. Anda bisa mencoba untuk mengukus, merebus, atau memanggang makanan agar makanan lebih sehat.

Menetapkan aturan makan


Bunda harus membiasakan anak makan di meja makan bukan didepan televisi atau komputer. Ada banyak orang yang tidak menyadari berapa banyak makanan yang telah disantap bila dia makan sambil menikmati tayangan televisi atau di depan komputer.

Batasi kegiatan menonton televisi, video game, atau penggunaan komputer


Dengan melakukan kegiatan tersebut akan membuat Anak malas untuk bergerak, maka diperlukan aturan yang tegas mengenai berapa lama kegiatan ini boleh dilakukan. Selanjutnya, Anda bisa membantu anak Anda agar menyenangi hiburan lain seperti bersepeda, bermain bola atau sekedar lompat tali.

Lakukan kegiatan yang memerlukan aktivitas fisik


Anda dan anak-anak bisa merencanakan untuk melakukan kegiatan olahraga bersama seperti jogging, lari pagi, berenang, badminton, dan olahraga lainnya.

Itulah informasi solusi obesitas pada anak yang bisa dilakukan. Semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment