Monday, May 20, 2019

Sumber Makanan Baik Dikonsumsi Selama Ramadahan




Faniujangherbal.blogspot.com - Selama 1 bulan penuh menjalani puasa di bulan ramadhan ini, perlu sekali kita memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi saat berbuka ataupun ketika sahur. Agar menjaga tubuh tetap sehat selama puasa ini, berikut adalah sumber makanan yang baik dikonsumsi selama berpuasa di bulan ramadhan ini, berupa: 

1). Makanan Karbohidrat


Artinya makanan yang mengandung karbohidrat. Sedangkan karbohidrat sendiri merupakan salah satu sumber makanan wajib untuk dikonsumsi selama puasa. Ketika berpuasa tubuh memerlukan karbohidrat untuk membuat glukosa. Glukosa ialah sejenis zat gula yang berfungsi sebagai energi atau disimpan agar dapat digunakan nantinya. Makanan sumber karbohidrat terdapat dalam nasi, roti atau pasta. Alangkah baiknya, mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat di waktu sahur agar dapat merasakan manfaat energi sewaktu berpuasa dan tubuh tidak gampang lemas.

2). Sayur serta kacang-kacangan


Selain makanan karbohidrat, yang menjadi sumber makanan wajib di bulan puasa ini, ada juga sayur serta kacang-kacangan yang memberikan kombinasi dari serat larut dan tidak larut. Serat membantu menjaga usus bekerja dengan baik dan memperlambat penguraian makanan menjadi glukosa di dalam darah. Dan serat larut bisa membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah yang umumnya memuncak ketika sedang mengonsumsi hidangan berbuka puasa.

3). Cairan atau Minuman


Cairan tak kalah penting bagi tubuh kita, apapun itu jenis minuman seperti air putih, susu teh, jus serta smoothies mampu memberikan hidrasi tanpa kalori berlebih. Terutama air mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh karena tubuh menggunakan air di semua sel, organ, dan jaringan tubuh lainnya untuk membantu mengatur suhu dan menjaga fungsi tubuh lainnya. sebaiknya selama puasa minum air mineral 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas diantaranya setelah tarawih atau saat malam hari 60 menit sebelum tidur, dengan begitu tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

4). Buah-buahan


Salah satu buah yang identik di bulan puasa ini ialah buah kurma selain buah favorit, kurma juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti karena kandungan gula alaminya yang bagus untuk memicu energi tubuh, serta menyediakan mineral yaitu potassium, tembaga dan serat yang cukup. Buah lainnya yang dapat memperoleh manfaat cairan untuk tubuh, serta berbagai vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah jeruk, blewah, timun suri dan juga alpukat.

Maka dari itu perlu diperhatikan asupan sumber makanan yang dikonsumsi selama bulan puasa, agar menjaga tubuh tetap dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Ingat pilih menu makan yang sehat dan selamat berpuasa!

No comments:

Post a Comment