Thursday, May 23, 2019

Tanda-tanda Tubuh Kelebihan Gula Darah

Tanda Gula Darah Meningkat - Faniujangherbal.blogspot.com - Pernahkah kamu mengalami selalu merasa haus? atau tubuh terasa lemas meski sudah mengonsumsi makanan? Bisa jadi ini merupakan tanda kalau gula darah di dalam tubuhmu sedang meningkat.




Kondisi ini jangan kamu anggap remeh, karena gula darah yang meningkat memiliki kaitan dengan diabetes. Bahkan dapat menyebabkan kerusakan saraf, pembuluh darah, dan dapat mengancam jiwa.

Dalam keadaan normal, apabila dirinya memiliki kadar gula puasa lebih dari 126 miligram per desiliter (mg/dl) atau kadar gula darah sewaktu lebih dari 200 mg/dl. Kadar gula yang meningkat ini sering dialami pengidap diabetes. Adapun yang menjadi penyebabnya bisa karena lupa atau tidak mengonsumsi obat penurun glukosa atau menyuntikan insulin.

Selain kedua obat tersebut, kurangnya aktivitas fisik, mengalami stres, infeksi, dan terlalu banyak konsumsi karbohidrat inilah yang juga bisa menjadi penyebab naiknya kadar gula darah.

Perlu di ingat, keadaan ini tidak hanya mengintai pengidap diabetes saja, orang sehat juga berisiko mengalami kondisi ini.

Kenali Gejala Gula Darah Tubuh Meningkat


1. Tubuh terasa lamban


Tingginya gula darah bisa menimbulkan lonjakan insulin yang akan menyebabkan sejumlah masalah pada tubuh. Salah satunya, energi jadi tidak stabil hingga tubuh terasa lemah. Saat tubuhmu terlalu banyak mengosumsi gula, maka level gula darah pun akan semakin tinggi. Sehingga terjadilah pasang-surut energi.

2. Mengidam makanan atau minuman manis


Menurut para ahli dalam buku The Sugar Detox: Lose Weight, Feel Great and Look Years Younger, semakin banyak gula yang kamu konsumsi, maka semakin bertambah pula keinginanmu untuk mengonsumsinya. Karena itu, hal ini tidak disebabkan karena kurangnya gula darah atau selera seseorang. Tetapi Si Manis memang dapat membuat seseorang ketagihan karena kandungan zat yang ada didalamnya.

3. Kelaparan


Pada dasarnya, keadaan diabetes tipe 1 dan 2 sama-sama dapat mengacaukan kadar glukosa. Inilah yang dapat menimbulkan siklus kelaparan di saat tubuh sedang mencoba mengembalikan kadar gula darah ke kondisi normal.

Kadar glukosa yang rendah memang bisa membuat nafsu makan seseorang meningkat, tapi kadar gula darah yang tinggi juga demikian. 

4. Timbulnya masalah kulit


Kadar gula darah yang tinggi juga bisa menyebabkan sederet masalah bagi kulit. Dengan melonjaknya insulin inilah yang memicu hormon lainnya yang bisa menimbulkan masalah kulit. Contoh paling sederhananya adalah pertumbuhan jerawat.

Gejala Lainnya dan Efek yang Ditimbulkan


Langkah paling efektif memastikan level gula darah dalam tubuh ialah memang dengan menjalankan pemeriksaan cek laboratorium. Akan tetapi, meningkatnya gula darah juga dapat menimbulkan sejumlah gangguan fisik. Berikut ini tanda-tanda jika kadar gula darah tubuh meningkat.

  • Sering merasa haus
  • Mudah lelah dan mengantuk
  • Kulit gatal dan kering
  • Berat badan menurun
  • Penglihatan menjadi buram
  • Frekuensi urin meningkat, terutama di malam hari
  • Berat badan turun, tapi nafsu makan bertambah
  • Mengalami sakit kepala
  • Sulit untuk berkonsentrasi


Itulah informasi mengenai tanda-tanda tubuh mengalami kelebihan gula darah. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dan keluarga.

No comments:

Post a Comment