Thursday, May 23, 2019

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Ketahui Pentingnya Cairan Tubuh - Faniujangherbal.blogspot.com - Di dalam keseharian ternyata Bunda harus memastikan keluarga mendapat asupan cairan terutama air putih yang cukup. Hal ini dikerenakan konsumsi cairan sangat berpengaruh pada kesehatan kita.




Air memiliki manfaat sebagai pembentukan sel dan cairan tubuh. Lalu, air berguna untuk pengaturan suhu tubuh. Selain itu, Air juga berfungsi sebagai pelumas sendi dan bantalan serta berguna untuk pelarutan pada proses pencernaan.

Ketua IHWG, Prof DR dr Budi Wiweko, SpOG(K), MPH, saat ditemui di acara Indonesian Hydration & Health Conference (IH2C), di Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (7/11/2018), menyatakan bahwa kita dapat memeriksa apakah kita kekurangan air atau tidak yaitu kita dapat melihat dari keringnya bibir, yakni kulit yang kering dan warna urine yang pekat.

Tak sampai disitu, beliau juga menambahkan bahwa tubuh  terdiri dari 60% cairan dari mulai rambut sampai ujung kaki. Maka jika tubuh kekurangan cairan atau kurang minum air putih, efeknya sudah pasti tidak baik untuk kesehatan.

Bahkan dr. Iko menambahkan juga bahwa akibat dari kita mengalami dehidrasi kronik ialah bisa merangsang terjadinya peradangan kronis yang mengakibatkan penyakit gagal ginjal, kencing manis dan hipertensi.

Terlebih bagi anak, konsumsi air putih juga berguna dalam meningkatkan konsentrasi yang dapat mendukung kognisi si kecil. Dengan berkonsentrasi, maka anak dapat lebih mudah menyerap pelajaran di sekolahnya.

Bunda dan keluarga disarankan minum air putih setidaknya 8 gelas sehari. Adapun cukup atau tidak asupan cairan, salah satunya dapat kita lihat dari warna urine. Jika keruh tentu tandanya tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan.

Mulai dari sekarang penuhi kebutuhan cairan tubuhmu, yah.

No comments:

Post a Comment