Thursday, May 23, 2019

Amankah Konsumsi Kopi Bagi Anak

Faniujangherbal.blogspot.com - Kopi termasuk pada minuman yang sangat populer di masa kini dan bisa dijumpai di mana saja. Tidak hanya di warung kecil, kopi juga banyak ditemukan di kafe. Langkah penyajian yang unik dan beragam membuat kopi menarik perhatian para remaja dan anak-anak.





Lantas, apakah anak-anak sebenarnya boleh mengonsumsi kopi?


Seorang ahli diet dan direktur nutrisi olahraga di Texas Children's Hospital, bernama Robert Anding mengungkapkan bahwa anak-anak sebaiknya tidak mengonsumsi apapun yang mengandung kafein. Sebab kafein bisa menyebabkan waktu tidur anak-anak terganggu.

Adapun seorang asisten profesor pediatrik dari Nationwide Children’s Hospital, Dr. Nicole Caldwell memiliki pendapat bahwaa anak-anak lebih sensitif terhadap efek dari kafein dari pada orang dewasa. Untuk itu, kafein dapat membuat menjadi hiperaktif,mudah gelisah, sakit perut dan tidak bisa tidur.

Kopi yang mengandung kafein bersifat stimulan. Dilansir dari Medical News Today, kafein bekerja seperti zat kimia yang disebut adenosin. Ketika telah dikonsumsi, kafein akan diserap oleh jaringan tubuh dan darah dalam waktu 45 menit dan bertahan empat hingga enam jam.

Saat tidur, adenosim memperlambat aktifitas saraf dan membuat otak berkembang sehingga oksigen bisa masuk. Dalam hal ini, kafein melakukan hal serupa dengan menstimulasi otak tanpa perlu tidur dan mengubah aktivitas saraf, sehingga ia bisa membuat seseorang tetap terjaga dan berenergi.

Adapun kafein tidak hanya terdapat pada kopi, melainkan juga pada coklat, teh, dan minuman berenergi.

Waktu tepat anak-anak dapat minum kopi dan minuman kafein lainnya


Asosiasi ahli pediatrik di AS, American Academy of pediatrics, menyarankan agar anak-anak ada baiknya tidak mengonsumsi apapun yangmengandung kafein hingga usia 12 tahun. Juga termasuk minuman ringan yang bersoda dan perasa.

Jika telah mencapai 12 tahun, kandungan kafein yang dapat dikonsumsi ialah 85 hingga 100 miligram sehari. Sedangkan orang dewasa bisa mengonsumsi 400 hingga 500 miligram kafein per harinya.

Nah, itulah informasi keamanan konsumsi kopi bagi anak-anak. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment