Friday, May 17, 2019

7 Cara Menurunkan Berat Badan Selama Puasa

Faniujangherbal.blogspot.com - Dari sebagian orang terdapat banyak yang mengeluh akan naiknya berat badan selama bulan puasa, karena keinginannya menurunkan berat badan dan malah sebaliknya. Sebenarnya cukup mengatur pola makan seseorang akan mendapatkan efek langsing dari menjalankan puasa. Dengan mengatur pola makan yang tepat juga dalam memilih makanan yang tidak memicu bertambahnya berat badan.




7 cara menurunkan berat badan selama berpuasa, sebagai berikut:


1. Hindari langsung makan berat setelah berbuka puasa


Sebaiknya hindari makan nasi setelah berbuka, lebih baik mengawali berbuka puasa dengan jenis makanan yang mudah untuk dicerna seperti buah-buahan.

2. Jauhi makan roti dan makanan lain berbahan dasar tepung & makan gorengan


Tepung merupakan bahan makanan yang sulit dicerna oleh tubuh jadi sistem pencernaan butuh waktu lebih lama untuk mengolahnya. Maka alangkah baiknya jauhi jenis makan berbahan dasar tepung seperti roti.

Selain roti makanan yang sulit dicerna ialah makanan gorengan. Penyebab perut buncit tidak akan berubah karena jika sering berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan gorengan. Ketika berbuka, pilihlah menu buka yang dibuat dengan cara direbus atau dikukus.    

3. Batasi makan pedas


Mengonsumsi makanan pedas dapat memicu mulas bahkan diare saat puasa. Bila sakit, akan membutuhkan obat dan proses pemulihan. Akan baik jika proses pemulihan membawa napsu makan yang meningkat. Daripada susah mengontrolnya, sebaiknya menjaga kesehatan dengan menghindari maknaan yang terlalu pedas saat puasa.

4. Atur waktu makan dengan bijak


Jangan biasakan makan menjelang waktu tidur. Alasannya tubuh perlu waktu sekitar 1 jam atau lebih untuk dapat memproses makanan dalam tubuh. Apabila saat berpuasa di bulan ramadhan ini, sebaiknya makan berat menjelang sholat tarawih. Begitu pula saat sahur pilihlah makanan sehat yang mudah dicerna oleh tubuh. 

5. Batasi konsumsi manis juga kue kering saat puasa


Daripada mengonsumsi makanan manisberlebihan, sebaiknya ganti dengan yang memiliki rasa manis alami seperti buah-buahan terutama buah kurma. Membatasi memakan makanan dengan rafinasi karbohidrat dan gula. Maka dari itu juga lebih cermat dalam memilih menu buka puasa. Hal ini baik untuk menjadi tidak cepat kenyang dan lebih mudah untuk mengontrol napsu makan.

6. Konsumsi buah segar lebih banyak


Memperbanyak asupan buah-buahan sebagai pengganti asupan setelah seharian puasa. Dapat memilih buah-buahan yang memiliki kandungan rasa manis yang alami seperti mangga, bengkuang atau pir hijau. Namun tetap sesuai yang dapat kita makan jangan terlalu berlebihan. Ingat! apapun itu jika berlebihan pasti buruk.

7. Minum air putih yang cukup


Ketika berbuka puasa kadang ingin minum sirup atau es buah, tetapi jangan terlalu banyak cukup sedikit agar menghilangkan rasa dahaga dan hanya untuk menyegarkan saja. Untuk itu minumlah air putih 2 gelas saat berbuka dan 2 gelas setelah tarawih, saat sahur, minum setidaknya 2 gelas air putih. Ini baik untuk menghidrasi tubuh dan membantu tubuh memahami, apakah tubuh sudah cukup kenyang atau tidak.

Jadi, selama sebulan penuh kita berpuasa dibulan ramadhan ini tidak ada salahnya memilih apa yang dikonsumsi dengan sehat dan benar juga mengatur pola makan. Itulah 7 cara menurunkan badan selama puasa. Semangat puasa! Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment