Thursday, May 23, 2019

Ketahui Dampak Buruk Cahaya Lampu Untuk Kesehatan

Faniujangherbal.blogspot.com - Apabila kamu termasuk tipe orang yang suka tidur dengan lampu menyala, ternyata ada hal yang perlu kamu ketahui akan dampak buruk yang akan di hadapi pada kemudian harinya.




Meski terdapat sejumlah jenis lampu yang baik bagi kesehatan, Seperti biru terang di siang hari dapat menambah konsentrasi dan menenangkan pikiran. Akan tetapi, berbeda jika kamu menyalakannya di malam hari. Hal ini justru akan mengganggu kesehatan.

Berdasarkan penelitian, tidur pada malam hari dengan lampu yang menyala dapat menyebabkan sejumlah masalah untuk kesehatan, di antaranya obesitas, depresi pikiran, bahkan parahnya lagi terkena kanker.

Kamu, tentunya tidak ingin hal ini terjadi bukan? Untuk itu, biasakanlah diri agar tidur dengan suasana yang gelap atau setidaknya dengan intensitas cahaya yang minim sekali.

Berikut ini merupakan dampak buruk cahaya lampu untuk kesehatan tubuh;

1. Mengalami Obesitas


Ada banyak orang yang beranggapan bahwa obesitas terjadi karena terlalu banyak makan atau tidak pernah berolahraga. Tetapi kenyataan sesudah diteliti ialah faktor obesitas lainnya ialah disebabkan tidur dengan lampu yang menyala. 

Dampak dari cahaya lampu di malam hari ketika tidur ini yang mengubah pola makan hingga kamu kesulitan mengontrol makan. Dengan demikian maka berat badan akan naik secara drastis.

2. Meningkatkan Depresi


Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa tidur dengan lampu yang menyala akan menimbulkan perubahan fisiologis terhadap tubuh. Hal inilah yang akan berakibat pada perubahan kondisi tertentu pada otak dan akhirnya menimbulkan depresi. Tetapi, untuk dampak masalah ini masih terus diteliti oleh para ahlinya.

3. Sistem Reproduksi Terganggu


Terkadang orang yang bekerja dengan pergantian sift lebih rentan terhadap masalah kesehatan reproduksi. Kenapa? Sebab umumnya orang yang mempunyai bagian shift malam ini akan lebih banyak terkena cahaya lampu malam.

Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan sistem reproduksi. Khususnya jika Anda adalah wanita. Dengan bekerja sifth malam seperti inilah yang nantinya akan mengganggu siklus menstruasi. Selain itu juga waktu tidur akan mulai terganggu hingga kamu akan merasa lemas yakni tidak segar ketika bangun di pagi hari.

4. Tumbuhnya Sel Kanker


Cahaya lampu saat malam hari juga dapat membangunkan sel-sel kanker. Hal inilah yang menjadi penyebab tumbuhnya sel kanker prostat pada pria dan sel kanker payudara pada wanita.

Tips Agar Tidur Lebih Aman dan Menyehatkan

  • Pastikan mematikan semua sumber cahaya pada saat 1 jam sebelum tidur. Sumber cahaya itu bisa dari komputer, TV, ponsel, dan peralatan lainnya. Ini akan mengurangi radiasi yang dipancarkan oleh sumber cahaya tersebut.

  • Apabila telah terbiasa menggunakan lampu tidur, maka ada baiknya gunakan lampu tidur dengan warna yang sedikit gelapatau redup seperti merah gelap. Adapun hal ini dipercaya mempunyai efek yang paling rendah jika dibandingkan dengan warna lainnya.

  • Jika masih terpapar dari cahaya di luar kamar, kamu dapat menggunakan penutup mata sebaagi penghalang cahaya yang masuk ke dalam mata.

  • Tidak boleh sekali-sekali menyalakan lapu dengan mendadak di malam hari ketika terbangun di malam hari. Bila ingin minum air atau ketika ke kamar mandi, kamu dapat menggunakan intensitas cahaya yang lebih redup.

  • Saat terpaksa bekerja di malam hari, ada baiknya istirahat secukupnya pada siang hari agar badan tidak merasakan lemas ketika bekerja. Adapun ketika istirahat disiang hari, usahakan kamar dalam kondisi gelap. Apabila masih terdapat cahaya yang masuk, kamu dapat gunakan penutup mata.

  • Penting untuk yang bekerja dengan pencahayaan yang terang di siang hari bisa membantu mendapatkan tidur yang berkualitas pada malam harinya.

  • Untuk kamu yang takut dengan gelap, ada baiknya berkonsultasi dan lakukan terapi untuk mengatasi fobia terhadap gelap. Hal ini berguna untuk kebaikan sendiri nantinya.


Nah, itulah sejumlah dampak buruk cahaya bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment