Monday, May 20, 2019

Sumber Gizi Bagi Penderita Anemia yang Berpuasa

Faniujangherbal.blogspot.com - Bagi orang yang menderita anemia, berpuasa memang merupakan sebuah tantangan tersendiri. Untuk itu, sebelum memutuskan berpuasa ada baiknya jika penderita anemia berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menilai ringan atau beratnya anemia.




Jika penderita anemia dibolehkan untuk berpuasa, tentu kamu harus memperhatikan beberapa hal agar bisa menjalankan puasa dengan baik. Adapun komponen terpenting ketika puasa bagi penderita anemia ialah pengaturan asupan makanan. Sebab bila salah pilih menu makanan bisa berujung pada bertambah parahnya anemia.

Penyebab utama dari anemia di Indlonesia ialah kekurangan zat besi. Karena itu, asupan gizi sangatlah penting untuk dipenuhi ketika berpuasa.

Makanan yang paling tepat untuk dikonsumsi oleh penderita anemia ketika bulan puasa ialah makanan yang tinggi akan zat besi, kalsium, vitamin (terutama vitamin B) dan mineral. Semua komponen tersebut harus tercakup didalam menu sahur dan berbuka.

Saat Anda berpuaa, berikut ini asupan yang tidak boleh ketinggalan bagi penderita anemia, diantaranya;

1. Zat Besi


Makanan yang banyak mengandung zat besi antara lain daging merah, sayuran hijau, kacang-kacangan, hati ayam, kuning telur dan sebagainya/

2. Asam Folat


Jenis makanan yang mengandung asam folat contohnya ialah bayam, brokoli, buah-buahan seperti pisang, jeruk, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lain sebagainya.

3. Vitamin B12


Kandungan vitamin B12 ini, biasanya dapat ditemukan dalam bentuk daging maupun produk susu.

4. vitamin C


Vitamin C memiliki manfaat untuk membantu penyerapan vitamin zat besi. Kandungan ini bisa ditemukan pada jeruk, lemon, vitamin, dan stroberi.

5. Susu


Anda disarankan untuk memilih jenis susu yang tinggi kalsium, protein, dan mineral.

Demikianlah pembahasan informasi mengenai sumber gizi untuk penderita anemia yang berpuasa. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment