Thursday, May 23, 2019

Manfaat Merica Untuk Kesehatan

Manfaat Merica - Faniujangherbal.blogspot.com - Siapa yang tak tahu dengan merica? Salah satu bumbu yang sering digunakan para ibu dalam menambahkan rasa pedas pada makanan sebagai penghangat tubuh ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.




Berikut ini merupakan sejumlah manfaat merica bagi kesehatan ialah:

1. Merangsang pencernaan


Terdapat senyawa piperine di dalam merica yang memiliki fungsi dapat meningkatkan sekresi atau pelepasan asam klorida di lambung sehingga protein lebih mudah di cerna. Bahkan merica juga bisa meredakan diare dan nyeri perut akibat asupan makanan yang tidak  terjaga.

2. Meredakan flu


Rempah merica ini mengandung antibakteri yang akan membuat kita lebih kebal terhadap serangan penyakit. Layaknya obat batuk, meminum olahan atau ramuan merica juga ampuh mengencerkan lendir dan dahak yang menyumbat aliran nafas.

3. Menurunkan berat badan


Dilansir dari NDTV, ternyata diketahui kulit terluar merica mengandung phytonutrient yang bisa membantu memecah lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu, ketika menyantap sejumlah butir merica segar, badan akan bereaksi dengan mengeluarkan keringat sehingga racun yang ada pada tubuh pun akan ikut keluar. Namun ada baiknya kontrol asupan merica setiap harinya agar tidak menimbulkan masalah kesehatan terutama di pencernaan.

4. Menyehatkan kulit


Berdasarkan penelitian dari Oregeb Health & Science University, merica memiliki kandungan utama berupa piperine yang dapat merangsang pembentukan pigmen melanocytes sehingga warna kulit lebih merata. Adapun selain meratakan kulit. pigmen tersebut juga berfungsi melindungi kulit dari radikal bebas dan juga paparan sinar ultraviolet.

Untuk itu, agar kesehatan kulit terjaga, konsumsi merica bisa menjadi solusinya.

5. Meningkatkan fungsi otak


Piperine juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak agar tetap maksimal ketika belajar atau bekerja. Komponen utama yang ada di dalam merica ini dapat menurunkan risiko terkena kerusakan memori terutama di usia senja.

Tidak hanya itu, orang yang terkena alzheimer dan demensia dianjurkan untuk menyantap olahan berbahan merica. Sebab, piperine dapat merangsang otak agar bekerja lebih aktif.

Itulah beberap pembahasan mengenai manfaat merica yang baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment