Monday, May 27, 2019

Ini Penyebab Anak Suka Pilih-pilih Makanan

Parenting - Faniujangherbal.blogspot.com - Jika anak ingin makan, tapi hanya mau makan yang itu-itu saja, bisa jadi ia masuk pada ketegori anak yang gemar memilih makanan. Terdapat sejumlah hal yang menjadi penyebab anak gemar memilih makanan. Adapun bisa karena faktor psikologis maupun fisiologis.




Agar anak tidak gemar memilih- milih makanan, cermati dulu apa penyebab utamanya, yakni:

Berkembangnya selera makan


Bisa jadi anak memilih makanan, sebab ia sedang mengembangkan dirinya sebagai individu yang punya selera, cita rasa dan pendapat sendiri mengenai jenis makanan tertentu.

Hidangnya itu-itu saja


Kemungkinan juga anak menjadi sangat pemilih ketika makan karena Anda hanya menghidangkan makanan yang itu-itu saja. Bagaimana anak dapat suka tahu dan tempe, apabila Anda jarang menghidangkan lauk tersebut di meja makan.

Kurang menggugah selera


Sama seperti orang dewasa, anak juga terdorong menyantap makanannya jika dihidangkan dengan tampilan yang menggugah selera. Penampilan yang menarik pada makanan sering kali lebih penting dari pada jenis makanan itu sendiri.

Tidak memberi contoh


Tentunya orang tua harus memberikan contoh yang baik ketika makan pada anaknya. Tidak mungkin meminta anak untuk memakan sayuran sehat bila Andasendiri justru senang makan dari restoran cepat saji. Ingat, anak cenderung memakan apa yang biasa orang tuanya makan.

Jika anak Anda mengalami salah satu gejala diatas, segeralah memberikan penanganan yang tepat, agar dia tidak menjadi anak yang picky eater atau sangat pemilih soal makanan.

Nah, itulah sejumlah penyebab dari anak yang suka memilih-milih makanan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment