Tuesday, May 28, 2019

4 Langkah Hindari Mager Ketika Puasa

Tips Puasa - Faniujangherbal.blogspot.com - Memang, menahan lapar dan haus seharian itu benar-benar bisa bikin badanmu menjadi lemas. Hingga tak jarang mereka yang menjalankan puasa merasa ingin seharian tidur-tiduran saja di tempat tidur, sambil binge-watching serial Netflix atau iseng stalk feed instagram artis. Sayang sekali bukan? jika waktu berhargamu selama Ramadhan ini dipakai untuk malas-malasan.




Tapi, mulai dari sekarang, kamu tidak perlu khawatir. Sebab kami akan berbagi langkah agar kamu bisa tetap produktif, meski sedang menjalankan ibadah puasa.

Berikut ini 4 langkahnya;

1. Makan sahur dan berbuka


Jika di hari biasa kita menjalankan sarapan sebelum berangkat kerja atau sekitar pukul 6-8 pagi, maka di bulan puasa rutinitas tersebut di ganti dengan makan sahur sebelum subuh. Upayakanlah mengkonsumsi makanan yang bisa memberikan energi yang cukup untuk tubuh beraktifitas selama sehari. Seperti gandum dan buah-buahan.

Selain itu, jangan lupa untuk menyegerakan berbuka puasa karena hal tersebut sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh kita.

2. Buat To-Do-List


Buatlah to-do-list, yakni agenda kerjaan atau tugas apa saja yang akan kamu selesaikan dalam sehari, lengkap dengan rincian waktunya. Langkah ini sangat efektif untuk membantu produktifitas dan meningkatkan fokus kita.

3. Maksimalkan Waktu Produktif


Masing-masing orang memiliki jam baik nya, yaitu waktu dimana produktivitas kerja kita berada dipuncaknya. Ketahuilah jam baik - mu dan maksimalkan waktu tersebut untuk menyelesaikan tugas-tugasmu selama berpuasa.

4. Istirahat Sejenak


Menjelang siang hari ketika berpuasa,umumnya stamina kita mulai menurun. Kamu bisa sejenak beristirahat dan manfaatkan waktu untuk tidur siang sebentar (the power of nap) antara 20-30 menit, sebab hal ini sangat efektif untuk mengembalikan staminamu.

Selain itu, cobalah untuk beristirahat sejenak ketika  mengerjakan tugas, misalnya dalam rentang 30 menit, 25 menit kamu pakai untuk fokus bekerja dan 5 menit selanjutnya untuk beristirahat sejenak.

Yuk, manfaatkan waktu berharga bulan Ramadhan ini dengan maksimal.

No comments:

Post a Comment