Monday, May 27, 2019

7 Manfaat Cincau Hitam Di Bulan Puasa

Faniujangherbal.blogspot.com - Ketika berbuka puasa, kita cenderung ingin menyantap makanan atau minuman yang segar. Adapun salah satunya adalah cincau hitam yang sering disajikan saat berbuka. Terbuat dari ekstrak daun jenggalan yang di campur dengan tepung tapioka dan air, cincau hitam mempunyai aroma serta cita rasa yang khas dan menyegarkan.




Dengan teksturnya yang kenyal, menjadikannya cocok untuk diolah menjadi minuman segar sebagai pelepas dahaga ketika berbuka puasa. Umumnya cincau dijadikan sebagai bahan campuran es buah, es campur atau es teler.

Tidak hanya menyegarkan, ternyata cincau hitam ini mempunyai banyak manfaat yang baik bagi tubuh, diantaranya:

1. Melancarkan pencernaan


Kandungan serat yang tinggi pada cincau hitam tentu akan sangat baik bagi kesehatan pencernaan. Jenis agar-agar ini cocok untuk dikonsumsi selama bulan puasa sebab bisa membantu menetralisir sistem pencernaan selama lebih dari 12 jam.

2. Menyembuhkan sakit tenggorokan


Saat Ramadhan, biasanya tenggorokan kita rentan terkena gejala radang maupun sakit tenggorokan sebab kerap mengonsumsi minuman dingin dan gorengan. Anda dapat mencoba konsumsi cincau hitam ketika berbuka puasa, karena dengan sifat alaminya akan mampu membantu Anda menenangkan panas dalam dan meredakan sakit pada tenggorokan.

3. Melawan radikal bebas


Cincau hitam merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Adapun antioksidan mempunyai fungsi untuk melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker dan umor.

4. Mencegah sembelit


Cincau hitam dapat membantu pencernaan menjadi lebih lancar dengan kandungan seratnya. Untuk itu, Anda dapat mencegah terjadinya semeblit dan konstipasi dengan mengonsumsi cincau hitam secara rutin.

5. Meringankan gejala diare


Selain mampu melancarkan pencernaan, cincau hitam juga nanpu menenangkan dan mengurangi rasa sakit pada perut ketika sedang diare. Tidak hanya itu, cincau hitam juga bisa membersihkan bakteri-bakteri dari saluran pencernaan.

6. Sebagai sumber karbohidrat


Ternyata cincau hitam diketahui merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik, sehingga bisa memberikan tambahan energi ketika berpuasa. Terutama, jenis agar-agar ini kerap disajikan bersama minuman manis yang dapat berfungsi untuk meningkatkan energi.

7. Meningkatkan sistem imun


Kandungan antioksidan yang tinggi dalam cincau hitam bisa meningkatkan sistem imun sehingga dapat membuat tubuh kita lebih kebal dari berbagai penyakit. Antioksidan ini sangat penting untuk memastikan bahwa tubuh kita benar-benar terlindungi dari efek radikal bebas dan juga virus penyakit.

Sekian pembahasan mengenai sejumlah manfaat cincau hitam. Semoga apa yang telah kami sampaikan bisa bermanfaat bagi kesehatan Anda.

No comments:

Post a Comment