Monday, May 27, 2019

Minuman Sehat Untuk Dikonsumsi Pagi Hari

Faniujangherbal.blogspot.com - Kamu mempunyai kebiasaan minum teh atau kopi di pagi hari? Hal ini menjadikan teh atau kopi diserap sebelum memulai aktivitas, atau bahkan saat baru bangun tidur.




Meski memang kerap dikonsumsi untuk menjadi penyemangat di pagi hari. Namun ternyata kandungan kafein yang ada di dalamnya bisa menyerap cairan di dalam tubuh kita, dan dapat menyebabkan dehidrasi. Apalagi bila tubuh kita tidak mendapatkan asupan cairan penting ketika tidur dan beristirahat di malam hari.

Untuk itu, kamu disarankan mengkonsumsi minuman yang menghidrasi seperti air putih. Atau jika kurang suka mengkonsumsi air putih di pagi hari, kamu juga dapat menggantinya dengan sejumlah jenis minuman lainnya seperti air kelapa atau jus sayuran yang juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Di kutip dari Boldsky, inilah 5 jenis minuman sehat yang sebaiknya dikonsumsi usai bangun tidur pada pagi hari.

1. Infused Water


Jika kurang suka dengan konsumsi air putih, kamu bisa menambahkan sejumlah potongan buah dan membuat sajian infused water. Selain memberi sentuhan rasa pada minuman, infused water ini juga kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Cobalah tambahkan potongan timun yang kaya akan air dan makin menghidrasi tubuh, potongan buah lemon dan jeruk untuk asupan vitamin C, daun mint atau basil sebagai sumber antioksidan, antibakterial dan anti inflamasi, serta tambahkan sedikit cuka apel untuk menambah rasa dan meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Air Kelapa


Diketahui, mengkonsumsi air kelapa di saat perut kosong ternyata baik bagi kesehatan tubuh. Air kelapa mengandung asam lauric yang bisa membantu meningkatkan imunitas dan metabolisme tubuh serta bisa mengurangi berat badan.

Air kelapa juga mengandung vitamin dan mineral tinggi, terutama elektrolit yang memiliki peran dalam menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dan tidak kekurangan cairan.

3. Jus Sayuran


Tahukah kamu, dengan mengkonsumsi sayuran dalam bentuk jus maka kandungan nutrisinya dapat lebih mudah diserap oleh tubuh. Konsumsilah jenis sayuran hijau seperti bayam dan kale untuk mendapatkan asupan energi sebelum mulai beraktivitas. Sebaiknya konsumsi juga sayuran yang tinggi besi karena bisa membantu meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, sehingga mampu melawan kantuk di pagi hari.

4. Jus Goji Berry


Jenis berry ini termasuk salah satu makanan yang kaya akan vitamin,mineral, dan antioksidan serta asam amino. Tidak hanya itu, minum jus goji beri pada pagi hari terbukti mampu meningkatkan kinerja atletis, mengurangi rasa kantuk, juga memperbaiki konsentrasi otak.

5. Teh Jahe


Konsumsi teh memang kurang disarankan, akan tetapi dengan tambahan jahe, minuman yang satu ini justru dapat membuat perut terasa nyaman, terutama jika sedang mengalami diare. Bahkan teh jahe bisa mengurangi rasa sakit dan pegal pada otot bila diminum setelah melakukan olahraga pagi.

Nah, itulah minuman yang baik dikonsumsi saat pagi hari. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment