Monday, May 20, 2019

Ini Waktu-waktu Rentan Penyakit Menyerang Tubuh


Faniujangherbal.blogspot.com - Semua orang bahwasannya tahu bahwa penyakit dapat datang kapan saja dan pada siapapun. Adapun para ahli mnegatakan bahwa sistem imunitas tubuh dikendalikan oleh ritme sirkadian atau jam internal tubuh selama 24 jam.

Ritme sirkadian ini juga dipercaya memiliki kaitan dengan risiko datangnya suatu penyakit. Para peneliti di Swiss menganalisis studi, khususnya terhadap tikus dan menemukan bahwa respon imun adaptif berada di bawah kendali ritme sirkadian.

Para penelitipun menemukan 4 waktu yang dipercaya riskan adanya suatu penyakit menyerang yaitu serangan jantung, pnemonia, infeksi parasit, dan serangan asma, seperti dikutip dari The Sun.

Berikut ini merupakan waktu-waktu rentan penyakit untuk menyerang tubuh, antara lain:

1. Serangan jantung, yaitu biasanya di pagi hari


Di lansir dalam jurnal Trends in Immunology, berdasarkan penelitiannya menunjukan bahwa serangan jantung umum terjadi di pagi hari dan cenderung memang lebih parah dari pada di malam hari.

Para ahli memperhatikan bahwa jumlah sel darah putih yang melawan bakteri, virus, dan jamur mulai meningkat pada jaringan jantung yang mati.

2. Pneumonia, yaitu biasanya sore hari


Banyak peneliti yang menemukan racun bakteri yang dikaitkan dengan pneumonia memicu respon peradangan di paru-paru tikus. Mereka memerhatikan bahwa perekrutan sel kekebalan saat paru-paru meradang menunjukan pola sirkadian.

Terdapat lebih banyak sel darah putih yang dapat masuk ke dalam rongga peritoneum, limpa, dan hati pada sore hari. Hal ini berakibat sel darah putih pada paru-paru berkurang di saat itu.

3. Infeksi parasit, yaitu biasanya pada malam hari


Penelitian menemukan bahwa infeksi parasit terutama gastrointestinal trichuris muris pada tikus lebih mudah di bunuh pada pagi hari dari pada terinfeksi di saat malam hari.

4. Asma, yaitu biasanya tengah malam


Gejala asma juga ternyata mengikuti ritme sirkadian, dan serangan asma lebih tinggi pada tengah malam hingga dini hari. Para ahli mengatakan bahwa mereka menemukan radang saluran nafas pada tikus yang lebih besar kemungkinannya di tengah malam.

Demikian pembahasan mengenai waktu-waktu rentan penyakit menyerang tubuh. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dan keluarga.

No comments:

Post a Comment