Monday, May 20, 2019

Belum Ditemukan Penularan Cacar Monyet dari Manusia ke Manusia

Faniujangherbal.blogspot.com - Selamat datang dan terima kasih telah berkunjung di situs kami yang dikesempatan ini, kami akan memberikan informasi penjelasan terkait dengan belum ditemukannya penularan penyakit cacar monyet dari manusia ke manusia. Simak selengkapnya pada ulasan berikut.





Anung Sugihantoso yang merupakan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, mengungkapkan monkeypox ialah penyakit atau virus yang inang utamanya adalah hewan, dalam halini adalah monyet dan sejauh ini hanya ditemukan di Afrika.

Terkait di Indonesia, belum pernah ditemukan inang atau tempat infeksi untuk monkeypox. Selain itu, penularan cacar monyet dari manusia ke manusia sangat jarang bahkan belum ada.

"Sampai sekarang kalau kita bicara mekanisme penularan antar-manusia, kita tidak atau belum menemukan mekanisme penularan dari human to human. Yang ada hanyalah dari hewan kepada manusia dan hewannya yang saat ini diyakini masih berada di Afrika," katanya saat dijumpai di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jl HR Rasuna Said, Jumat, (17/5/2019).

Tidak hanya itu, Anang juga menambahkan tim riset vektoral pun tidak menemukan potensi penularan cacar monyet dari manusia ke manusia. Namun walau demikian, kemenkes tetap mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan menghindari kontak dengan hewan inang.

Kemudian beliau juga berkata, "Meski di sini kita belum menemukan inangnya tetapi hewan inangnya kan kita ada. Monyet, tikus, tupai, kan ada,"

Nah, itulah informasi mengenai cacar monyet yang belum ditemukan penularannya dari manusia ke manusia. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment