Tuesday, May 21, 2019

Sayur & Buah Sumber Air Agar Tak Mudah Haus Saat Puasa

Faniujangherbal.blogspot.com - Siapa pun ketika berpuasa pasti akan mengalami yang namanya rasa haus. Namun, banyak orang yang tidak tahu bahwa ada cara yang bisa mengurangi rasa haus ketika berpuasa. Dengan memilih menu yang tepat saat sahur dan berbuka seperti tidak memilih menu yang sedikit kandungan airnya.





Dengan rutin mengonsumsinya dan memilih menu yang tepat seperti sayuran dan bauh-buahan berikut ini:

1) Paprika

Karena kandungan yang mencapai 90%-93,9% air, serat,  kalium, vitamin B dan vitamin c yang tinggi dari sayuran lainnya. Paprika ini juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah terjadinya dehidrasi, kanker dan penyakit mata.

2) Kembang Kol

Sayuran yang ini penting untuk orang yang berpuasa, karena mengandung 92% air, vitamin, dan mineral seperti kolin yang tidak ditemui pada makanan manapun selain kembang kol. Kolin inilah yang mampu mencegah dehidrasi.

3) Timun

Sayuran ini mengandung air sekitar 95-96,7%, vitamin C, kalium, vitamin K, dan asam kafeik yang membantu mencegah iritasi kulit dan tentunya mencegah dehidrasi.

4) Selada

Selada mengandung air sekitar 95-96%, vitamin K, vitamin A dan folat yang bisa membantu kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh, dan mencegah dehidrasi. Jadi penting juga untuk tubuh yang kurang air.

5) Seledri

Ternyata seledri ini mengandung 95,4% air, vitamin A, vitamin K, folat dan serat. Manfaatnya yaitu membantu perut mudah kenyang dan mengurangi nafsu makan bahkan bisa mencegah dehidrasi dan menetralisir asam lambung. 

6) tomat

Tomat ini mengandung anti oksidan tinggi yang mampu mencegah dehidrasi dan mencegah penyakit jantung dan kanker prostat. Hal itu karena tomat juga mengandung 94% air, vitamin A dan vitamin C

7) Semangka 

Buah ini mengandung 91 sampai 92 persen air serta antioksidan seperti likopen yang lebih tinggi dibanding tomat. Semangka pun mengandung vitamin C, vitamin A dan magnesium.

8) Belimbing

Buah Belimbing memiliki kandungan air 91% serta mengandung vitamin C dan antioksidan seperti epicatechin yang mencegah dehidrasi dan membuat jantung lebih sehat. 

9) Stroberi

Mengonsumsi buah ini secara rutin juga mampu mengurangi potensi peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, beragam jenis kanker dan alzheimer. Karena kaya akan kandungan air 91%, Vitamin C, Mangan, dan anti oksidan.

10) Jeruk Bali

Manfaat jeruk bali yaitu menjaga tubuh tetap terhidrasi, membantu menjaga berat badan, menjaga tekanan darah, mampu menstabilkan gula dalam darah dan juga membakar lemak. Karena jeruk bali mengandung 88 sampai 90 persen air. Selain itu, jeruk bali juga mengandung vitamin A, vitamin C, kalium, dan folat.

Nah, menu sayuran dan buah diatas bisa menjadi asupan tambahan saat sahur dan berbuka. Terus jaga pola makan sehat agar terhindar dari penyakit yang bisa menyerang. Jadi, sudah siap hidup sehat!

No comments:

Post a Comment