Friday, May 24, 2019

7 Jenis Makanan yang Kaya Akan Magnesium

Faniujangherbal.blogspot.com - Seperti yang kita ketahui, magnesium merupakan salah satu zat yang mempunyai segudang manfaat bagi tubuh. Manfaatnya ialah dapat mentransmisi impuls saraf, mengatur suhu tubuh, memproduksi energi, dan juga menguatkan struktur tulang dan juga gigi.




Terdapat sejumlah jenis makanan yang mempunyai asupan magnesium yang cukup tinggi. Adapun dilansir dari Boldsky, antara lain:

1. Alpukat


Buah alpukat ini merupakan sumber megnesium terbaik bagi tubuh. 1 buah alpukat yang berukuran sedang diketahui mengandung sekitar 58 mg magnesium. Alpukat juga kaya akan vitamin B, vitamin K, dan potasium yang mempunyai manfaat dalam mengurangi peradangan, menurunkan kolestrol, serta bisa membuat perut kenyang lebih lama.

2. Sayuran Hijau


Jenis sayuran yang berwarna gelap seperti kangkung, sawi, atau bayam dikenal dengan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi dan mangan yang tinggi. Kesemua zat tersebut memiliki manfaat untuk menjaga sel-sel tubuh, melancarkan peredaran darah dan juga mengurangi risiko kanker.

3. Cokelat


Coklat mempunyai kandungan magnesium yang tinggi, sehingga bermanfaat bagi kesehatan tulang. Tidak hanya itu, kandungan berupa tembaga, zat besi, mangan, serat, dan antioksidan yang dimilikinya berkhasiat untuk menetralisir radikal bebas dan zat-zat berbahaya yang bisa memicu tumbuhnya berbagai macam penyakit.

4. Almond


Ternyata dengan mengonsumsi 100 gram kacang almond setiap harinya bisa membantu memenuhi kebutuhan magnesium sebesar 75 miligram atau setara dengan 19% yang dibutuhkan tubuh. Di dalam Almond juga terkandung serat dan lemak tidak jenuh yang memiliki khasiat untuk memelihara kecantikan kulit, memaksimalkan fungsi organ tubuh dan juga mengurangi risiko kanker.

5. Biji Labu


Diketahui bahwa 1/8 cangkir biji labu kering mengandung 92 miligram magnesium yang merupakan 23% dari nilai yang direkomendasikan setiap harinya. Terdapat juga kandungan lemak tak jenuh tunggal, serat, zat besi, dan asam lemak omega-3.

6. Yoghurt


Yoghurt termasuk sumber magnesium dan kalsium yang baik bagi tubuh. Pada 1 cangkir yoghurt diketahui mengandung 47 mikrogram zat magnesium yang berguna menjaga bakteri baik pada usus, mempercepat proses diet, serta memperkuat otot dan tulang. Untuk itu, konsumsilah yoghurt setiap hari agar asupan magnesium sehari-harimu bisa terpenuhi.

7. Ikan


Selain kaya akan vitamin D dan asam lemak omega-3, ikan jenis salmon, mackerel, dan tuna juga mengandung megnesium yang tinggi. Pada 178 gram salmon terdapat 53 mg magnesium dan 39 gram protein dan juga kaya akan potasium.

Nah, demikianlah 7 jenis makanan yang kaya akan kandungan magnesium. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment